Himbau Warga Jangan Kendor Prokes, Audy Pilih Sholat Id Berjamaah Dirumah

Himbau Warga Jangan Kendor Prokes, Audy Pilih Sholat Id Berjamaah Dirumah

Berita Utama Dedi Oscar Adams, M.I.Kom.(DINAS KOMUNIKASI, INFORMATIKA DAN STATISTIK) 19 Juli 2021 20:03:21 WIB


Meskipun Pemerintah Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) tidak mengeluarkan larangan sholat Idul Adha 1442 Hijriah secara berjamaah di masjid dan lapangan, warga dihimbau tidak lengah dan tetap disiplin protokol kesehatan.

Himbauan ini ditegaskan Wakil Gubernur Sumbar Audy Joinaldy, saat ditemui usai mengikuti rapat secara daring dengan Presiden RI tentang Penanganan Covid-19, di Kantor Gubernur Sumbar, Senin (19/7/2021).

Audy bahkan menganjurkan warga masyarakat agar tidak memaksakan diri untuk sholat id di masjid atau dilapangan dan lebih memilih sholat berjamaah dirumah bersama keluarga.

"Soal ibadah (selama PPKM), kita ikuti yang dari MUI Sumbar dan sudah ada maklumatnya. Tapi kalau memang khawatir, silahkan shalat dirumah untuk menjaga kesehatan, sebab varian delta ini, sesuai arahan presiden juga menyebar sangat cepat," ujar Audy.

Selain itu, untuk sholat id berjamaah, Audy menyarankan agar sebaiknya memilih sholat dilapangan dibanding sholat di masjid. Alasannya, sirkulasi udara dilapangan lebih baik jika dibandingkan didalam ruangan. 

"Kalaupun ada yang melaksanakan shalat berjamaah, sebaiknya dilapangan terbuka dengan sirkulasi udara yang bagus dan tetap dengan prokes yang sangat ketat sekali. Dicek semuanya, masker, suhu, temperatur, dan shaf sholatnya," lanjut Audy.

"Buat yang sakit atau kurang enak badan, jangan datanglah, gak usah memaksakan diri untuk ikutan," sambungnya.

Bagimana dengan Wagub sendiri? Menurutnya, dengan pertimbangan anak-anak yang masih kecil-kecil, Audy lebih memilih sholat id berjamaah dirumah saja.

"Kalau saya pribadi karena banyak anak kecil dirumah, resiko tinggi diluar dengan varian delta yang bisa punya efek buruk untuk anak, kami memutuskan dirumah saja dengan keluarga dan tim," katanya.(doa/MMC)