Wagub Audy Memuji Layanan Covid-19 RSUD Pasbar dan Posko Nagari

Wagub Audy Memuji Layanan Covid-19 RSUD Pasbar dan Posko Nagari

Berita OPD Adi pondra(Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa) 27 Mei 2021 10:54:39 WIB


 

Pasaman Barat, Mei

 

Wakil Gubernur Sumatera Barat Audy Joinaldy mengunjungi Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Pasaman Barat (Pasbar)  dalam rangka visitasi penanganan Covid-19 di Kabupaten Pasaman Barat, hari Rabu (26/5/2021).

 

Kedatangan Wakil Gubernur bersama Kepala Laboratorium Diagnostik dan Riset Terpadu Penyakit Infeksi Fakultas Kedokteran Unand Dr. dr. Andani Eka Putra, M.Sc., Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Dinkes Busril, dan Kepala Dinas PMD Sumbar Drs. Syafrizal Ucok, MM., disambut baik Bupati Pasaman Barat Hamsuardi dan Direktur RSUD Pasaman Barat Yuswardi.

 

Menurut Wakil Gubernur Sumbar Audy Joinaldy, RSUD Pasaman Barat merupakan salah satu RS yang termasuk baik dalam penangan pasien Covid-19, termasuk dalam layanan pemasangan ventilator terhadap pasien Covid-19.

 

"Kita lihat berdasarkan data yang masuk ke Ruang ICU RSUD Pasaman Barat ini yang menggunakan ventilator Covid-19, menurut surveinya cukup tinggi. Tingkat pasiennya yang keluar hidup, sehat dan bagus sampai 58 persen," kata Wagub.

 

Ia juga berharap apa yang dilakukan RSUD Pasaman ini terus dipertahankan dan diviralkan untuk penanganan Covid-19 di Sumbar dan bisa jadi salah satu contoh bagi rumah sakit dalam penanganan Covid-19 di kota maupun kabupaten di Sumbar.

 

Atas layanan baik dan sigap itu, Wagub Audy Joinaldy memberikan bantuan kepada RSUD Pasaman Barat berupa dua buah alat ventilator dari Pemprov Sumbar sebagai tambahan alat untuk meningkatkan pelayanan penanganan Covid-19 di RSUD ini.

 

"Bagi para pejuang Covid-19 dan juga seluruh staf pejuang rumah sakit, terutama bagi dokter anastesi, perawat dan tenaga tenaga administratif, kami mengucapkan terima kasih. Semoga alat ventilator ini dapat membuat RSUD Pasbar ini lebih meningkat pelayanannya," ucap Wagub.

 

Selain kunjungi RSUD, Wagub juga mengunjungi rumah tempat isolasi penderita Covid-19 di tingkat nagari diantaranya, di Jorong Ampek Koto, Nagari Kinali, dan Nagari Aua Kuning.

 

"Dua wali nagari ini cukup pro aktif dan sudah faham dalam antisipasi dalam mengendalikan Covid-19 di nagarinya. Sekarang hanya tinggal bagaimana konsisten dijalankan sesuai dengan aturan yang ada," tutur Wagub Audy Joinaldi.

 

Ditambahkan oleh Kadis PMD Sumbar Drs Syafrizal Ucok, MM., kesiapan Posko Nagari di Kinali dan Aur Kuning yang lengkap dengan Tim Covid-19 dan rumah isolasi ini harus dicontoh oleh nagari lain tidak saja di Pasaman Barat tetapi juga seluruh nagari di Sumbar.

 

Karena ada tren kenaikan jumlah positif Covid-19 akhir-akhir ini harus diantisipasi oleh Nagari melalui Posko Covid-19 serta Rumah Isolasi. Selain itu harus ada dorongan yang kuat dari Tim Covid-19 Nagari untuk test swab bagi seluruh kontak erat positif Covid supaya mata rantai penyebaran virus Covid-19 dapat diputus.

 

Sementara itu, Direktur RSUD Pasaman Barat Yuswardi mengucapkan terima kasih kepada Wakil Gubernur yang sudah meluangkan waktunya berkunjung ke RSUD Pasaman Barat dan membantu tambahan dua buah alat ventilator untuk pelayan pasien Covid-19. (*)