Pemprov Sumbar Selenggarakan Rapat Koordinasi Kesiapan Pelaksanaan Pilkada Serentak

Pemprov Sumbar Selenggarakan Rapat Koordinasi Kesiapan Pelaksanaan Pilkada Serentak

Berita Utama TITA SHANIA(Badan Kesatuan Bangsa dan Politik) 12 Oktober 2020 10:30:04 WIB


Jum'at (09/10), diselenggarakan Rapat Koordinasi Kesiapan Pelaksanaan Pilkada Serentak Tahun 2020 di Wilayah Provinsi Sumatera Barat. Kegiatan dilaksanakan di Grand Rocky Hotel, Bukittinggi. Pada kesempatan itu, perwakilan dari Kemenko Polhukkam yang juga menjadi pembicara dalam kegiatan tersebut, Mayjen TNI Purnomo Sidi mengatakan bahwa ia sangat mengapresiasi Pemerintah Provinsi Sumatera Barat yang merupakan provinsi pertama di Indonesia yang menetapkan Perda terkait Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB)di tengah pandemi Covid 19. Ia juga mengatakan agar semua stakeholder terkait pelaksanaan Pilkada serentak di Sumatera Barat harus memiliki persepsi yang sama sehingga Pilkada dapat berlangsung sukses.

Mengingat pelaksanaan pilkada serentak akan tetap dilangsungkan tanggal 9 Desember 2020 ini, penerapan protokol kesehatan menjadi hal mutlak yang harus dijalankan oleh penyelenggara pilkada maupun oleh seluruh komponen terkait. Selain peningkatan kesadaran masyarakat, juga diperlukan ketegasan aparat penegak hukum dalam menegakkan aturan. Dalam penegakan hukum terkait penerapan protokol kesehatan dalam pelaksanaan pilkada serentak, selain mempedomani aturan dalam KUHP, Pemprov Sumbar juga menerapkan sanksi sesuai dengan Perda AKB yang telah disahkan. Kemenkopolhukam pun mengharapkan, agar pelaksanaan pilkada serentak di Sumbar nantinya dapat menjadi simbol demokrasi, dan hak rakyat untuk memilih pemimpin terbaik.

Selain untuk mengantisipasi potensi pelanggaran protokol kesehatan dan penegakan hukum dalam pelaksanaan pilkada serentak tahun 2020, rakor ini juga dilakukan dalam rangka sharing kesiapan menghadapi pilkada yang sudah memasuki tahap kampanye. Pelaksanaan pilkada hendaknya tetap kondusif serta mematuhi aturan serta protokol kesehatan yang berlaku.

Adapun peserta yang hadir dalam kegiatan sosialisasi tersebut adalah Karo Ops Polda Sumbar, Kasi Ren Korem 032/Wirabraja, Kapolres Bukittinggi, Dandim 0304 Agam, Ketua KPU, Bawaslu dan Kepala Badan/Kantor Kesbangpol 10 Kab/Kota yang ada di Sumatera Barat. Sedangkan narasumber pada acara ini adalah Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Prov. Sumbar yang diwakili oleh Kasubbid HAL dan Pemilu Asih Nurhadi, S.Sos, Ketua KPU Sumatera Barat, Anasmen dan Ketua Bawaslu Sumatera Barat, Surya Efitrimen.