KPU Sumbar Laksanakan Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Daftar Pemilih Sementara (DPS) Pilkada 2020

KPU Sumbar Laksanakan Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Daftar Pemilih Sementara (DPS) Pilkada 2020

Berita Utama TITA SHANIA(Badan Kesatuan Bangsa dan Politik) 16 September 2020 12:16:47 WIB


Rabu (16/09), KPU Sumbar melaksanakan Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Daftar Pemilih Sementara (DPS) Pilkada Serentak Tahun 2020. Rapat dipimpin oleh Ketua KPU Sumbar, Amnasmen, didampingi seluruh komisioner KPU. Hadir dalam kegiatan tersebut yakni Gubernur Sumbar yang diwakili Kepala Badan Kesbangpol Prov. Sumbar, Wakil Gubernur Sumbar, Ka BIN Daerah Sumbar, dari Korem 032 Wbr, Polda Sumbar, dari Kejati Sumbar, Komisi Informasi Sumbar, Dan Lanud Sutan Syahrir, Danlantamal II teluk bayur, Dukcapil Sumbar, Biro Pemerintahan Setda Prov. Sumbar, Bawaslu Prov. Sumbar, Komisioner KPU Kab/Kota se Sumbar, Pimpinan Parpol Prov.Sumbar, LO Pasangan Calon Gubernur dan Instansi terkait lainnya.

Setelah dibuka oleh Ketua KPU Prov. Sumbar, acara dilanjutkan dengan penyampaian hasil Rekapitulasi DPS tingkat Kab/Kota  dengan rincian sebagai berikut :

- Kab/Kota       : 19

- Kecamatan    : 179

- Desa/Nagari  : 1.158

- TPS                 : 12.532

- Pemilih

  Laki-laki          1.821.951

  Perempuan    : 1.869.641

  Jumlah           : 3.691.592

 

Setelah dilakukan rapat dan diskusi, disimpulkan bahwa perlu ada perbaikan DPS sesuai dengan rekomendasi  dari Bawaslu dan Parpol. Perlu ditingkatkan deteksi dini dan cegah dini terhadap kemungkinan permasalahan yang berpotensi mengganggu keamanan dan ketertiban masyarakat, serta perlu ditingkatkan koordinasi dan pemantauan dalam rangka mengetahui perkembangan tahapan serta perkembangan politik di daerah.