Pemprov Sumbar Selenggarakan Simulasi dan Pelatihan Kebencanaan 2019

Pemprov Sumbar Selenggarakan Simulasi dan Pelatihan Kebencanaan 2019

Berita Utama TITA SHANIA(Badan Kesatuan Bangsa dan Politik) 05 April 2019 11:18:07 WIB


Kamis (04/04) telah dilaksanakan rencana kontijensi bencana tsunami provinsi Sumatera Barat berupa peningkatan simulasi dan pelatihan kebencanaan 2019. Kegiatan ini diikuti sekitar 250 orang di Hotel Kyriad Bumi Minang, Padang.

kegiatan ini dibuka oleh Wakil Gubernur Sumbar, Nasrul Abit. Dalam arahannya, Wagub menyampaikan bahwa kegiatan merupakan bentuk keseriusan pemprov Sumbar untuk menghadapai bencana. Segenap pihak telah melakukan banyak upaya, seperti menanam pohon sepanjang pinggir pantai sumbar, terutama pohon cemara udang dan tanaman pulai.

Wagub juga menambahkan bahwa beberapa waktu yang lalu sudah banyak terjadi gempa di beberapa wilayah d indonesia, dan para ahli telah memperingatkan potensi gempa besar di kepulauan Mentawai yang masih tersimpan energinya hingga sekarang. Guna menyiapkan masyarakat dan melakukan upaya upaya pengurangan resiko bencana, maka simulasi simulasi dilakukan, juga penanaman pohon, dan sosialisasi-sosialisasi kebencanaan kepada masyarakat. 

Sumbar juga membutuhkan peralatan apabila terjadi bencana. Dengan segala kondisinya, Sumbar mesti terus mempersiapkan diri dan siap siaga menghadapi segala kemungkinan bencana dan resikonya kedepan.
Adapun yang memberikan materi pada kegiatan ini diantaranya : ahli geologi UNAND Dr. Ir. Badrul Mustafa, DE; Deputi Bidang Penanganan Darurat BNPB, Bapak Jarwansya, Kabid Kedaruratan BPBD Sumbar;
Kabid Perencanaan BNPB, Ibu Eny S; Kepala Stasiun Geofisika Padang panjang (BMKG), Irwan Slamet, ST, M.Si.