Gubernur Sumbar Pimpin Dialog Kebangsaan, Dorong Penguatan Wawasan Kebangsaan di Sumbar

Gubernur Sumbar Pimpin Dialog Kebangsaan, Dorong Penguatan Wawasan Kebangsaan di Sumbar

Berita Utama TITA SHANIA(Badan Kesatuan Bangsa dan Politik) 04 September 2020 15:09:34 WIB


Rabu (02/09), Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno, memimpin dialog kebangsaan dan konsultasi publik yang diprakarsai Kementerian Politik Hukum dan Keamanan RI (Kemenkopolhukkam). Diikuti oleh Asisten Deputi Koordinasi Kesadaran Bela Negara Kemenkopolhukkam, Brigjen TNI Rufbin Marpaung dan Kabid Bela Negara Kemenkopolhukkam, Kolonel Kun Wardana, serta didampingi oleh Kepala Badan Kesbangpol Sumbar, Nazwir, dialog kebangsaan ini dilangsungkan dalam rangka pengumpulan data dan informasi terkait isu isu strategis bidang kesatuan bangsa guna mendorong penguatan wawasan kebangsaan di Sumbar.  

Dalam rangka koordinasi dan sinkronisasi perumusan, penetapan dan pelaksanaan kebijakan terkait isu isu strategis kesatuan bangsa, Kemenkopolhukkam melaksanakan pemantapan wawasan kebangsaan dan karakter bangsa. Hal ini diperlukan untuk memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa mencakup wawasan kebangsaan, kebhinekaan, kewaspadaan nasional dan kesadaran bela negara. 

Adapun konsultasi publik kebangsaan ini bertujuan untuk menggali informasi dan data tentang isu isu strategis kesatuan bangsa, pelaksanaan kebijakan dan program kementerian yang terkait kesatuan bangsa dan pemberian rekomendasi tentang arah dan kebijakan maupun strategi tentang isu kesatuan bangsa. Kemenkopolhukkam memilih Sumbar sebagai lokus konsultasi diantaranya karena saat ini di Sumbar juga tengah dilaksanakan pembangunan monumen bela negara, yakni di daerah Koto Tinggi, Lima Puluh Kota. Juga, di tahun 2020, Sumbar akan melangsungkan pilkada serentak.

Dengan dilakukannya dialog kebangsaan dan konsultasi publik ini diharapkan dapat terwujud kesamaan pola pikir seluruh pihak terkait tentang pemantapan wawasan kebangsaan dan agar peluncuran program konsultasi publik kesatuan bangsa dapat terlaksana dengan baik dan lancar di provinsi Sumatera Barat pada bulan September mendatang