Memanfaatkan Perkarangan Rumah Jadi Apotek Hidup

Artikel Yal Aziz(Tenaga Artikel) 21 Juli 2020 14:43:27 WIB


Oleh Yal Aziz
UNGKAPAN grup musik legendaris Koes Plus tentang tanah kita tanah surga dalam baik lagunya, tongkat kayu dan batu jadi tanaman ada benarnya juga. Kenapa? Karena banyak tanaman yang bermanfaat untuk penyembuhan dan pengobatan berbagai  penyakit. Bahkan kemampuan menyembuhkan dan efek  positif  dari beberapa tanaman sebagai obat telah lama diketahui jauh sebelum para ilmuwan menemukan berbagai obat-obatan dengan bahan kimia.

Untuk itu ada baiknya juga kita menanam dan menggunakan tanaman sebagai obat di perarangan atau disektar rumah sebagai apotek hidup yang bermanfaat untuk bisa mengobati berbagai penyakit.

Yang jelas kegiatan berkebun banyak manfaatnya. Terutama bermanfaat untuk kesehatan tubuh, menghasilkan lingkungan yang sehat dan indah. Suatu rumah tentu akan tampak cantik bila mempunyai taman yang indah yang berisi berbagai tanaman yang cantik. Jangan sia-siakan lahan atau pekarangan rumah untuk membuat taman. Tidak hanya dengan berbagai tanamanan hias atau berbagai jenis bunga dan pohon buah, Kita juga  dapat membuat taman menjadi apotek hidup yang akan berguna untuk seluruh keluarga.
 
Secara tioritis, pengertian apotek hidup adalah memanfaatkan sebagian tanah untuk ditanami tanaman obat-obatan untuk keperluan sehari-hari. Umum diketahui, bahwa banyak obat-obatan tradisional yang dapat digunakan untuk mengobati berbagai penyakit. Obat tradisional umumnya lebih aman karena bersifat alami dan memiliki efek samping yang lebih sedikit dibandingkan obat-obat buatan pabrik. Itulah sebabnya sebagian orang lebih senang mengkonsumsi obat-obat tradisional.

Bayangkan, bila di dalam pekarangan rumah tersedia tanaman obat yang dapat digunakan apabila salah satu anggota keluarga sedang sakit. Tentu hal menyenangkan, karena kita  tinggal mengambilnya kapan saja, bahkan malam hari sekalipun. Tidak perlu mengeluarkan uang dan terjamin kesegarannya karena langsung dipetik dari tanamannya.


Yang jelas, tanaman obat tidak kalah cantiknya dengan tanaman hias. Kemudian kita juga dapat pula menanamnya diantara tanaman hias atau bunga-bunga yang ada. Selain itu tanaman obat umumnya lebih kuat menghadapi berbagai penyakit tanaman karena memiliki kandungan zat alami untuk mengatasinya, sehingga kita tidak perlu memberikan pestisida.

Kemudian, agar dapat membuat apotek hidup yang indah dan bermanfaat ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Misalnya, kita perlu untuk menyerasikannya dengan tanaman dan elemen lainnya dalam taman, sehingga tidak merusak penataan taman. Selanjutnya kita juga perlu mengetahui manfaat dari masing-masing tanaman obat dan berapa pemakaian yang sesuai.
 
Pada masa awal, pengobatan di rumah dengan tanaman obat ditemukan dengan mencoba dan belajar dari kesalahan (trial and error). Saat ini, ekstrak dari beberapa tanaman obat telah digunakan untuk pengobatan jaman modern dan bermanfaat untuk menyembuhkan berbagai penyakit serius.

Selain itu, kita juga dapat memperoleh manfaat langsung dari tanaman obat yang ditanam di kebun atau taman dalam rumah, seperti Belimbing Wuluh, yang dikenal juga dengan sebutan belimbing sayur karena sering digunakan sebagai bumbu masakan untuk memberikan rasa asam yang kuat.

Fungsi lain dari belimbing wuluh selain sebagai bumbu masakan adalah untuk obat tradisonal. Mulai dari buah, batang, daun dan bungannya bisa digunakan sebagai obat. Belimbing wuluh bermanfaat untuk mengobati gusi berdarah, obat rematik, obat godongan, obat sariawan, obat pegel linu serta bisa digunakan sebagai obat sakit gigi.

Selanjutnya tanaman Obat Temu Lawak, yang merupakan tanaman rempah asli Indonesia yang memiliki beragam khasiat untuk kesehatan. Bagian yang sering dimanfaatkan adalah bagia akar atau sering jug disebut dengan rimpang. Bagian inilah yang sering diolah untuk dijadikan sebagai obat berbagai penyakit.

Khasiat dari tanaman temulawak adalah untuk mengatasi gangguan ginjal, melancarkan pencernaan, menyehatkan jantung, dan menjaga kesehatan hati. Sebenarnya masih banyak jenis penyakit lain yang bisa disembuhkan dengan tanaman obat ini. Apalagi bila penggunaannya dikombinasikan dengan tanaman obat lain, tentu khasiatnya akan semakin terasa.

Tanaman obat yang memiliki beragam khasiat selanjutnya adalah lidah buaya. Yups, boleh dibilang kalau lidah buaya sebagai tanaman sejuta manfaat karena banyak sekali khasiat dari tanaman ini. Selain fungsi utamanya untuk kesehatan rambut, menghilangkan jerawat, dan kecantikan tanaman ini juga bisa digunakan untuk mengoati berbagai penyakit. (penulis wartawan tabloidbiak dan berbagai sumber).