Dibawah 2 Persen, Positivity Rate di Sumbar Terendah se- Indonesia

Berita Utama TITA SHANIA(Badan Kesatuan Bangsa dan Politik) 15 Juli 2020 10:00:00 WIB


Sesuai dengan rilis dari Kementerian Kesehatan RI akhir Juni lalu, Sumatera Barat (Sumbar) berada di peringkat teratas untuk persentase positivity rate (PR) Covid-19 di Indonesia. Hal ini menunjukkan perkembangan pengendalian penyebaran Covid 19 yang sangat baik, dimana dari ratusan hingga seribu lebih sampel swab yang diperiksa, tingkat positifnya berkisar dibawah 2 persen yakni 1,8 persen. Sementara itu, posisi berikutnya ditempati DI Yogyakarta dengan tingkat positivity 1,9 persen, Riau dengan 2,16 persen, Nusa Tenggara Timur (NTT) dengan 2,25 persen, dan Bangka Belitung dengan 3 persen.

Menanggapi hal tersebut, Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno, mengatakan bahwa semakin kecil positivity rate, maka itu menunjukkan kemampuan daerah dalam mengendalikan penyebaran Covid-19. Sesuai dengan standar WHO, positivity rate yang baik adalah di bawah lima. Sedangkan saat ini,  Sumbar berada di 1,8 persen dan jauh di bawah itu. Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno sangat bersyukur atas pencapaian tersebut. Ia mengatakan, diawal penyebaran Covid 19 akhir Maret lalu, Sumbar menempati posisi lima besar se- Indonesia dari egi jumlah kasus positif. Namun dengan berbagai tindakan yang terukur dan sistematis, Sumbar berhasil memperkecil angka PR tersebut menjadi 1.8 persen.

Positivity rate (PR) tersebut merupakan perbandingan jumlah kasus dengan spesimen yang diuji. Menurut Irwan, keberhasilan itu tak terlepas dari kerja keras tim Laboratorium Fakultas Kedokteran Universitas Andalas dan Balai Veteriner Bukittinggi yang banyak melakukan tes polymerase chain reaction (PCR). Ia juga mengapresiasi tim penguji di bawah pimpinan Dr Andani Eka Putra yang bekerja penuh waktu, bahkan acap kali memecahkan rekor pemeriksaan spesimen.

Irwan turut mengapresiasi seluruh tenaga kesehatan yang tidak kenal lelah dan tidak memedulikan segala risiko khususnya dalam melakukan tracing dan uji swab, termasuk berbagai media yang telah berkontribusi dalam mensosialisasikan penanganan dan kebijakan pengendalian Covid 19 di Sumbar.  

j