70 Persen Pasien Covid 19 Sembuh di Sumbar

Berita Utama TITA SHANIA(Badan Kesatuan Bangsa dan Politik) 19 Juni 2020 10:37:22 WIB


Jumlah pasien sembuh akibat Covid 19 di Sumbar terus bertambah. Hingga Kamis (18/06), ada pertambahan kesembuhan pasien sebanyak 12 orang. Dengan demikian, dari total 696 orang positif Covid 19 di Sumbar, telah sembuh dan dinyatakan sehat sebanyak 494 orang, atau sekitar 70,57 %. Angka kesembuhan pasien positif Covid di Sumbar jauh mengungguli rata rata nasional. Bahkan, angka kesembuhan pasien Covid 19 di Sumbar merupakan statistik kesembuhan di Indonesia. Sedangkan untuk tambahan kasus konfirmasi positif di hari Kamis (18/06) ini, dari 964 swab yang diperiksa, terkonfirmasi sampel positif sebanyak 4 orang.

Hal ini mengindikasikan bahwa penanganan Covid 19 dan pelacakan atau tracing yang dilakukan di Sumbar berada di jalur yang benar. Berdasarkan informasi yang dirilis oleh Kepala Dinas Kominfo Prov. Sumbar, Jasman Rizal, yang juga  merupakan Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid 19 Prov. Sumbar, diketahui bahwa pola penanganan Covid 19 di Sumbar sudah tepat. Dari sampel swab yang di periksa setiap harinya oleh Laboratorium Fakultas Kedokteran Unand dan balai Veteriner Bukittinggi yang dipimpin oleh DR. Dr. Andani Eka Putra, diketahui bahwa kasus konfirmasi positif yang dirilis sejak satu minggu yang lalu di Sumbar menunjukkan indikasi melambat.

Meski angka kesembuhan tinggi di Sumbar, dan pertambahan kasus positif terus menunjukkan kurva melambat, Pemprov Sumbar terus menghimbau seluruh komponen masyarakat untuk disiplin menjalankan protokol Covid 19 dalam beraktivitas, agar penyebaran Covid 19 dapat terus ditekan, dan pandemi ini dapat segera selesai di Sumbar.