Selasa 28 April Lonjakan Terbanyak Pasien Positif Covid 19 di Sumbar, Didominasi Kota Padang

Berita Utama TITA SHANIA(Badan Kesatuan Bangsa dan Politik) 30 April 2020 08:43:14 WIB


Pada Selasa (28/04) lalu, pemprov Sumbar mencatatkan lonjakan terbanyak pasien positif terinfeksi Covid 19 di wilayah ini, sejak diumumkannya kasus positif pertama, yakni sebanyak 23 orang. Hal itu diketahui setelah keluarnya hasil swab yang dilakukan pada ratusan sampel masyarakat Sumbar, oleh Laboratorium Fakultas Kedokteran Unand, Padang. Kasus kasus baru ini didominasi oleh Kota Padang, dan juga tersebar di Kabupaten Padang Pariaman, Kabupaten Solok dan Kota Payakumbuh.

Sebagaimana disampaikan oleh Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Sumbar, Jasman Rizal pada Selasa (28/04), pasien positif ini terbanyak berasal dari Kota Padang yaitu 18 orang. Kesemuanya kini menjalani isolasi mandiri di rumahnya masing-masing dibawah pengawasan ketat tim kesehatan.

Ia menuturkan, 18 pasien ini berasal dari berbagai wilayah di antaranya Parak Karakah, Seberang Padang, Kuranji, Aur Duri, Nanggalo, Korong Gadang, Komplek Cendana, kawasan Padang Timur, Gurun Laweh, Gunuang Pangilun, Belimbing dan Tanah Sirah. diduga mereka tertular karena transmisi lokal dari orang yang terinfeksi sebelumnya dan bersumber dari klaster yang sama, di antaranya Pegambiran dan Pasar Raya Padang.

Adapun di kabupaten Solok, terdapat 3 pasien baru positif berasal dari Surian,  karena sebelumnya juga terdapat pasien positif dan saat ini semuanya menjalani isolasi mandiri di rumah masing-masing

Juga ada 1 pasien dari Sintuak Kabupaten Padang Pariaman dan 1 pasien dari Kecamatan Payakumbuh Selatan Kota Payakumbuh yang juga menjalani isolasi mandiri. Hingga hari tersebut, pasien yang dinyatakan sembuh di Sumbar sudah berjumlah 24 orang.