Manfaat Olahraga Jalan Santai Seusai Shalat Subuh

Artikel Yal Aziz(Tenaga Artikel) 10 Oktober 2019 15:38:22 WIB



Oleh Yal Aziz

DALAM tubuh yang kuat terdapat pikiran yang sehat. Untuk itu sebagai masyarakat yang berlatar belakang sebagai pewai negeri, sudah saatnya memanfaatkan jalan santai seusai shalat subuh. Tujuannya, agar tubuh sehat dan kuat.

Bagi pegawai yang tinggal disekitar Kawasan Purus Kecamatan Padang Barat, bisa memanfaatkan olahraga jalan santai seusai shalat subuh. Begitu juga dengan masyarakat di Padang Selatan dan Kecamatan, Koto Tengah, khususnya di wilayah Pasie Nan Tigo.

Kini tinggal kemauan dan kebiasaan. Yang jelas untuk tubuh sehat dan kuat memang memerlukan disiplin dalam menafaatkan waktu dalam mengarungi lembah kehidupan ini. Salah satunya, beribadah sambil berolahraga.

Secara kajian medis, ternyata shalat subuh bermanfaat untuk mengoptimalkan kinerja otak dan syaraf.  Alasan ilmiahnya, disaat  pagi hari tersebut kondisi kadar ozon cukup tinggi dan bagus untuk kinerja syaraf dan otak. Untuk itu,  jalan santai pagi itu termasuk menurunkan penyumbatan pembuluh darah yang bisa memicu serangan jantung.

Manfaat lainya, meningkatkan konsentrasi, sebagaimana yang dikatakan, Ali Ghufron Mukri, mantan Wakil Menteri Kesehatan RI. Katanya, shalat Subuh mampu meningkatkan kesehatan seseorang.  Kemudian,  aktivitas shalat fardhu ini juga bagus untuk dijadikan sebagai media meditasi.

Yang tak kalah pentingnya, ternyata shalat Subuh juga bermanfaat untuk melancarkan aliran oksigen seluruh tubuh. Dengan demikian sistem metabolisme tubuh pun akan berjalan dengan lancar.

Jadi kini, sudah saatnya mnjadikan jalan santai menjadi salah satu gaya hidup yang wajib dilakukan, seusai shalat subuh, karena jalan santai bisa membuat tubuh tetap sehat dan bugar.  

Sejak Sumatera Barat dipimpin, Irwan Prayitno, 2010-2015 dan periode kedua, 12 Februari, 2016 sampai-2021 mendatang, pegawai negeri yang bertugas di Rumah Bagonjong, istilah Kantor Gubernur Sumbar, diharuskan mengikuti ceramah seusai shalat subuh. 

Untuk itu, sudah seharusnya juga para pegawai negeri tersebut memanfaatkan olahraga jalan santai seusai shalat subuh. Manfaatnya, selain tubuh sehat, juga bermanfaat melihat suasana pagi di sepanjang pantai Kota Padang.

Jika jalan santai ini dijadikan kegiatan rutin, so pasti akan mengundang para pedagang juga memanfaatkan jualannya untuk memenuhi lkebutuhan para pegawai neferi tersebut. Selain itu, juga bermanfaat untuk meningkatkan ukhwah islamiyah sesama pegawai negeri di Kota Padang.

Sedangkan bagi pegawai negeri dari dinas kebersihan, bisa secara langsung melihat kondisi pantai atau jalan-jalan protokol dari tumpukan sampah yang dibuang masyarakat di penumpukan sambah yang telah tersedia.

Begitu juga dengan pegawai negeri yang bertugas di dinas kesehatan dan bisa juga dimanfaatkan untuk memeriksa kesehatan masyarakat yang ikut jalan santai pagi seusai shalat subuh. 

Bagi penjual minuman dan makanan, bisa juga memanfaatkan susana pagi unuk mengais rezeki di pagi hari. Tapi jangan lupa, ikut shalat subuh berjemaah di mesjid terdekat dari tempat domisili. Selamat shalat subuh dan berolahraga jalan santai. (Penulis wartawan tabloidbijak.com dan ketua smsi sumbar)