Gubernur Sumbar : Seminar Nasional Tularkan Semangat Perjuangan

Gubernur Sumbar : Seminar Nasional Tularkan Semangat Perjuangan

Berita Utama TITA SHANIA(Badan Kesatuan Bangsa dan Politik) 29 Agustus 2019 08:47:06 WIB


Seminar nasional dengan tema “Relevansi Pemikiran Muhammad Sjafe’i Untuk Pendidikan Nasional” di gelar di Padang, pada Selasa (27/08), di auditorium gubernuran. Pada kesempatan itu, Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno mengharapkan semangat dan nilai nilai perjuangan dapat ditularkan pada generasi muda melalui seminar nasional yang diinisiasi oleh Dewan Harian Daerah (DHD) 45.

Tujuan dilaksanakannya seminar nasional ini diantaranya untuk mengkaji kembali pemikiran Engku Mohammad Syafei untuk pendidikan nasional, serta menyalakan kembali energi dinamika sejarah peradaban bangsa yang berasal Sumatera Barat.

Selain itu, melalui seminar nasional ini diharapkan mampu menemukan keunggulan dalam dunia pendidikan untuk menjawab tantangan
zaman bagi pengembangan dunia pendidikan nasional.

Muhammad Syafei, merupakan tokoh pejuang asal Sumbar. Pada tanggal 31 Oktober 1926, ia mendirikan sekolah yang diberi nama Indonesische Nederland School (INS) di daerah Kayu Tanam, di pinggir ja;an Raya Padang - Bukittinggi. Melalui pendirian INS Kayu Tanam, Muhammad Syafei ingin merubah konsep pendidikan yang ingin memerdekakan masyarakat tanpa ada keinginan untuk menjadi PNS/ASN.

d. Menemukan nilai-nilai kejuangan dari ketokohan Sjafei,
dalam membangun kejayaan bangsa Indonesia.

Turut menjadi pembcara pada seminar ini yaitu Prof Dr Mustika Z, MA (Guru Besar Universitas Negeri Padang), Prof Dr. Fasli Jalal Ph.D (Ketua Dewan Pembina Yayasan Badan Wakaf Ruang Pendidik INS Kayutanam) dan Adib Alfikri, Kepala Dinas Pendidikan Prov. Sumbar.