Minangkabau Fashion Festival, Ciptakan Desainer Muda Handal

Minangkabau Fashion Festival, Ciptakan Desainer Muda Handal

Berita Utama EKO KURNIAWAN, S.Kom(Diskominfo) 16 Agustus 2019 13:20:54 WIB


Padang, Diskominfo SB

Kekayaan serta keberagaman seni, adat dan budaya Sumatera Barat harus mampu dilestarikan. Salah satunya melalui pengembangan desain motif yang dibuat dalam bentuk busana, tetapi tetap mencerminkan ciri khas Minangkabau, 'adat basandi syarak, syarak basandi kitabullah'. Sejak tahun 2015 sampai saat ini Pemprov Sumbar melalui Dinas Pariwisata, menggandeng Dewan Kerajinan Nasional Daerah dalam mempromosikan busana-busana daerah.

Demikian diungkapkan Kepala Dinas Pariwisata Sumbar, Oni Yulfian yang mewakili Gubernur Irwan Prayitno saat membuka Grand Final Minangkabau Fashion Festival Tahun 2019 di Padang, Kamis (15/8) malam.

Lebih lanjut dikatakannya, para pemenang kegiatan ini sudah banyak yang eksis di bidang fashion dan melakoninya sebagai pekerjaan utama. Sebagaian dari mereka menjadi event ini sebagai pengasah kemampuan diri untuk bisa berbaur dengan dunia luar lingkungan tempat mereka berada.

"Selain memperkenalkan dan mempromosikan busana daerah pada masyarakat khususnya generasi muda, even ini juga dapat mengembangkan ekonomi kerakyatan dan menarik minat wisatawan berkunjung ke Sumatera Barat," papar Oni.

Melalui kegiatan ini, dirinya mengharapkan akan lahir desain-desain baju pengantin, motif batik dan desain asesoris Minang hasil modifikasi dari desainer muda Sumatera Barat. "Pemprov akan terus menggali potensi generasi muda dalam bidang desain dan fesyen melalui ivent lomba dan fashion show".

Grand Final yang menyediakan total hadiah mencapai 100 juta rupiah ini, diikuti sekitar 38 orang desainer muda yang berasal dari pelajar dan mahasiswa yanga ada di Sumatera Barat. Ada 4 (empat) kategori yang dipertandingkan, yaitu Lomba Kreasi Busana Pengantin Tradisional Minang, Lomba Kreasi Baju Muslim (Pesta), Lomba Desain Asesoris Minang Modifikasi dan Lomba Desain Motif Batik Minang.

Para pemenang Minangkabau Fashion Festival nantinya juga diberi kesempatan untuk mengikuti parade busana dan karya pada Indonesia Modest  Fashion Week di Jakarta Convention Center tanggal 16-20 Oktober 2019 mendatang.                          (MMC Diskominfo)