Potensi Laut Sumbar Belum Tergarap Optimal

Potensi Laut Sumbar Belum Tergarap Optimal

Berita Utama DENY SURYANI, S.IP(Sekretariat DPRD Prov. Sumbar) 12 Juli 2019 17:44:07 WIB


PADANG,- Anggota DPRD Sumbar Fraksi Hanura Taufik Hidayat meminta, pemerintah provinsi (Pemprov) kuatkan sektor perikanan dan kelautan agar berikan dampak positif terhadap Pendapatan Asli Daerah (PAD).

“ Nelayan masih melakukan pola industri hilir, dengan cara menangkap dan menjual kepada konsumen, jika lebih cermat banyak bisa dimanfaatkan agar memberikan kesejahteraan kepada warga pesisir kususnya nelayan,” ujarnya , Jumat (5/7).

Dia mengatakan Sumbar memiliki laut yang luas dan diisi dengan berbagai macam biota , mestinya bisa dimanfaat pemerintah dan mangadeng para nelayan untuk memanfaatkan potensi.

“ Nelayan Sumbar tidak pantas miskin, dilihat dari aspek kekayaan laut. Ikan dilaut,  tidak perlu diberikan bibit atau diberikan makan karena mereka tetap hidup ,” katanya.

Dewan yang juga berasal dari daerah pemilihan (Dapil) Kota Padang tersebut melihat, alat tangkap nelayan Sumbar perlu diperbaharui agar hasil yang diperoleh lebih optimal. Untuk memecahkan masalah tersebut perlu kontribusi pemerintah.

Pemprov Sumbar masih belum menjadikan sumber kekayaan laut sebagai pendorong pertumbuhan ekonomi nelayan.

Padahal untuk meningkatkan taraf hidup mereka, pemerintah harusnya memoderenisasikan alat tangkap nelayan dan mengarahkan anak-anak nelayan bisa menempuh pendidikan di sekolah tinggi ilmu perikanan.

"Saat anak-anak nelayan bisa bersekolah yang berhubungan dengan perikanan, mereka akan melakukan lompatan berfikir dalam mengolah kekayaan laut. Tapi sayangnya saat ini tingkat SDM yang ada masih rendah," paparnya.*Humas.(dprd.sumbarprov.go.id)