Forikan Sumbar Ajak Masyarakat Tingkatkan Konsumsi Ikan Bagi Anak

Berita Utama EKO KURNIAWAN, S.Kom(Diskominfo) 26 Juni 2019 12:08:58 WIB


Padang - Selasa (25 Juni 2019

Dalam rangka memperingati Hari Makan Ikan 2019, di Provinsi Sumatra Barat, Forum Peningkatan Konsumsi Ikan (Forikan) bersama Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) setempat menyelenggarakan kegiatan Sosialisasi Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan) yang dihadiri sejumlah pelajar dan wali murid, dihalaman kantor DKP Sumbar, Selasa (25/6/2019).

Ketua Forikan Sumbar Wartawati Nasrul Abit, saat membuka kegiatan mengimbau kepada orangtua murid untuk lebih meningkatkan konsumsi ikan setiap hari. "Kegiatan ini diharapkan mampu meningkatkan pemahaman para wali murid betapa pentingnya mengonsumsi ikan bagi pertumbuhan anak," katanya.

Wartawati menjelaskan, ikan merupakan sumber makanan bergizi tinggi dan dapat diolah menjadi bahan makanan seperti bakso ikan, rendang ikan, nugget ikan, steak ikan dan berbagai macam olahan ikan lainnya. Sehingga anak-anak akan terbiasa memakan ikan.

Pada kesempatan sama, Kepala Dinas Kesehatan Merry Yuliesday membeberkan beberapa manfaat memakan ikan bagi tumbuh kembang anak. Paling penting, dapat mengantisipasi stunting pada anak dengan memakan makanan yang banyak mengandung protein seperti ikan tuna.

Ia juga berharap Sumbar termasuk provinsi yang konsumsi ikannya terbanyak di tingkat nasional. “Semoga dengan diadakannya sosialisasi ini banyak masyarakat yang tahu betapa pentingnya mengonsumsi ikan, karena konsumsi ikan di Sumbar cukup rendah untuk tingkat nasional, karena itu kita mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk gemar makan ikan,” ujarnya.

Acara dibuka dengan pemotongan tumpeng oleh Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan, Yosmeri, dilanjutkan penampilan pelajar SD Pertiwi Kota Padang yang menyanyikan lagu Gemar Makan Ikan. (MMC Diskominfo)