Teh Talua Pinang, Minuman Khas Minang Citarasa Tinggi

Teh Talua Pinang, Minuman Khas Minang Citarasa Tinggi

Berita Utama EKO KURNIAWAN, S.Kom(Diskominfo) 30 April 2019 09:52:52 WIB


Padang, InfoPublik - Randang Sumatera Barat telah dikenal sebagai salah satu makanan terlezat di dunia, masakan daging bercita rasa pedas ini dihasilkan dari proses memasak yang memakan waktu hingga berjam-jam.

Tidak hanya randang, kuliner bercita rasa tinggi khas Ranah Minang lainnya adalah Teh Talua (teh telur), yang biasanya tersedia di warung-warung tradisional ataupun Rumah Makan Padang. Minuman ini dibuat dengan campuran teh, gula, telur ditambah sedikit perasan jeruk nipis.

Di Kota Padang sendiri, banyak warung / cafe yang menyediakan minuman Teh Talua dengan racikan khas masing-masing, salah satunya adalah Teh Talua Vitalitas yang terdapat di Lapau (warung) Anyah.  

Anyah (43 th) selaku pemilik warung menyebutkan bahwa usaha yang digelutinya telah berlangsung sejak tahun 2010 lalu yang berlokasi di kawasan Lubuk Minturun Kota Padang.

“Tanya saja Lapau Anyah, biasanya masyarakat disini mengetahui dimana lokasi Lapau ini,’ ucapnya ketika ditemui Tim MMC Diskominfo, Minggu (28/4/2019).

Dikatakan, pihaknya menyediakan pilihan menu Teh Talua yang cukup bervariasi dengan kandungan dan racikannya masing-masing. Untuk memperoleh khasiat yang maksimal, disarankan agar pelanggan meminum sebanyak dua sampai tiga kali sehari, terlebih bagi yang ingin menambah tenaga untuk jangka waktu lama.

“Tinggal pilih mau menu Teh Talua kelas satu harganya Rp.10.000, kelas dua harganya Rp.20.000, kelas tiga harganya Rp.30.000 serta kelas super seharga Rp.40.000, semua pilihan Teh Talua diberi pinang dan rempah sesuai dengan kelasnya masing-masing, rasakan sensasinya” tambah Anyah meyakinkan.

Salah seorang pelanggan, Antoni Satriawan (31 th) yang ditemui di Lapau Anyah mengutarakan bahwa ia telah berlangganan Teh Talua dari beberapa tahun yang lalu.

“Khasiatnya langsung bereaksi kebadan, saya langsung berkeringat sehingga badan menjadi segar, kepala terasa enteng dan matapun terang melihat suasana,” ujarnya seolah memberi testimoni.

Selain citarasa dan khasiat Teh Talua Vitalitas, panorama dan kesejukan udara yang disajikan Lapau Anyah juga menjadi daya tarik sendiri bagi pengunjung, dengan latar belakang Bukit Barisan yang merupakan kawasan hutan lindung.Semoga bermanfaat bagi kesehatan. (YL/ MMC Diskominfo)