Basikameh, Tradisi Gotong Royong Emak-Emak di Kota Solok

Basikameh, Tradisi Gotong Royong Emak-Emak di Kota Solok

Berita Utama EKO KURNIAWAN, S.Kom(Diskominfo) 24 April 2019 10:35:18 WIB


Solok, InfoPublik - Setelah diluncurkan pada bulan Maret lalu, 'Basikameh' atau kegiatan bersih-bersih kelurahan yang diprakarsai Bundo Kanduang setempat mulai dilaksanakan secara masif di seluruh kampung di Kota Solok.

Terbaru, Basikameh digelar Kampung Karambia, Kelurahan Kampai Tabu Karambia (KTK), Jumat (19/4) pagi dimana Tim MMC Diskominfo Sumbar turut meliput kegiatan yang merupakan inovasi luar biasa dari Bundo Kanduang Kota Solok.

Berbekal cangkul, sabit, sapu lidi dan alat gotong royong lainnya, puluhan emak-emak Bundo Kandung dibantu TNI/Polri serta masyarakat setempat membersihkan jalan penghubung kampung.

"Selain untuk mewujudkan Solok Bersih, kegiatan ini akan membiasakan pola hidup sehat ditengah masyarakat. Disamping itu, akan timbul sikap bahu membahu dalam memberihkan lingkungan," ucap Noviandi Yusaf , Lurah KTK kepada Tim MMC.

Noviandi juga menyampaikan, pemerintah daerah akan secara penuh memberikan dukungan dalam kegiatan yang sangat bermanfaat ini.

"Dinas Lingkungan Hidup telah memberikan bantuan sarana dan prasarana dalam gotong royong ini. Harapan pimpinan daerah, inovasi ini akan berlanjut dan bertahan lama hingga ke anak cucu generasi penerus serta akan menjadi contoh bagi daerah lain," tambahnya.

Senada dengan itu, Wakil Ketua Bundo Kandung Kota Solok, Yusnel Yetti, mengatakan, selain untuk mewujudkan lingkungan yang nyaman dan bersih, Basikameh yang melibatkan berbagai elemen juga menjadi salah satu upaya dalam mempertahankan piala Adipura yang diraih kota Solok sebelumnya.

Walaupun panas telah mulai menerpa, tidak menyurutkan semangat emak-emak peserta 'Basikameh'. Sampai pukul 10.00, hampir 1 KM jalan yang telah dibersihkan. (EK/MMC Diskominfo)