Sistem Informasi RSUD Pariaman Tingkatkan Mutu Pelayanan

Sistem Informasi RSUD Pariaman Tingkatkan Mutu Pelayanan

Berita Utama Desi Marlinda(Diskominfo) 24 April 2019 10:13:07 WIB


Padang, InfoPublik - Pelayanan medis di RSUD Pariaman, Sumatra Barat telah dikelola dengan memanfaatkan sistem informasi secara terpadu, mulai dari registrasi, layanan medik dan pengambilan obat (apotek). Pembayarannya juga sudah memakai Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit (SIMRS).

Hal ini diungkapkan oleh Kepala Bagian Tata Usaha RSUD Pariaman Elnofrida saat ditemui Diskominfo Prov. Sumbar yang melakukan survei kondisi existing Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) di ruang kerjanya,  Selasa (16/4/2019).

“Pelayanan mulai dari front office sampai back office sudah dilakukan secara elektronik sejak 2010. Dengan menggunakan SIMRS ini dapat meningkatkan mutu pelayanan medis karena dilakukan dengan efektif dan efisien,” jelasnya.

Elnofrida menambahkan, untuk pengelolaan teknologi informasi dan komunikasi, pihaknya didukung oleh tiga orang SDM yang andal dalam menangani infrastruktur teknologi, dan sistem informasi/aplikasi. Mereka bertanggung jawab melakukan monitoring sistem aplikasi, sehingga pelayanan medis dapat berjalan dengan lancar.

“Layanan administrasi pemerintahan seperti  persuratan dan kepegawaian masih belum berbasis elektronik,” ujarnya.

Dia berharap ke depannya RSUD Pariaman dapat berkoordinasi dengan Diskominfo terkait implementasi teknologi informasi, seperti rekrutment tenaga supporting IT, pengembangan infrastruktur.

Survei ini di lakukan oleh Kepala Seksi Tata Kelola E-Government Diskominfo Ira Nia Sanita bersama tim Diskominfo Sumbar.

“Kita akan segera merealisasikan amanat Peraturan Daerah Provinsi Sumatra Barat Nomor 20 Tahun 2018 tentang Pengelolaan SPBE, salah satu langkah yang dilakukan adalah melalui pemetaan potensi ke setiap Organisasi Perangkat Daerah,” tutupnya.(INS/DM/ MMC Diskominfo)