Pemprov Sumbar Matangkan Masterplan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik

Pemprov Sumbar Matangkan Masterplan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik

Berita Utama Desi Marlinda(Diskominfo) 18 Maret 2019 16:41:42 WIB


Padang, InfoPublik - Menindaklanjuti Perda Provinsi Sumatera Barat Nomor 20 Tahun 2018 tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) yang ditelah diundangkan akhir tahun 2018, Diskominfo mulai menyusun Rencana Induk/ Masterplan SPBE melalui rapat terbatas yang digelar Senin (18/3/2019).

Penyusunan Masterplan melibatkan tim ahli dari kalangan akademisi dan praktisi di Sumatera Barat, antara lain Dr. Yuhefizar, S.Kom, M.Kom, IPM (Politeknik Negeri Padang), Ikhwan Arief, M.Sc (Universitas Andalas), Imam Gunawan, S.Kom, M.Kom (STMIK Jayanusa), Novinaldi, M.Kom (Praktisi), dan Ahmad Fikri Fajri, M.Kom (Praktisi).

Dalam arahannya pada rapat terbatas awal ini, Kepala Diskominfo Sumbar Ir. Yeflin Luandri, M.Si. menyampaikan bahwa hasil kajian tim penyusunan Masterplan SPBE, diharapkan menjadi prioritas untuk mencapai Sumbar Dalam Genggaman pada tahun 2020.

Disamping itu, Yeflin juga menjelaskan akan pentingnya skema kerjasama kemitraan antara stake holder terkait.

“Masterplan SPBE sejatinya dapat mengakomodir relasi kerja antara pemerintah dengan sejumlah kalangan, antara lain government to citizen/ pemerintah dengan warga, government to business/ pemerintah dengan swasta,  government  to  government/ antar sesama pemerintah serta government to employee/ pemerintah dengan SDM internalnya atau ASN.

Yeflin menambahkan skema-skema kerjasama dimaksud dipandang penting sebagai bentuk kolaborasi dalam percepatan jalan roda pemerintahan nantinya. Pemprov Sumbar juga akan membentuk Forum Komunikasi sebagai penguat aspek legalitas kelembagaan.

Sementara itum akademisi dari Politeknik Negeri Padang Dr. Yuhefizar, S.Kom, M.Kom menyampaikan tahapan yang akan ditempuh tim pada langkah awal adalah melakukan survey kondisi existing terkait dengan teknologi informasi dan komunikasi, baik infrastruktur maupun SDM yang ada pada setiap OPD di lingkungan Pemprov Sumbar. 

(Ira Nia sanita/ B.3)