KADISPORA LEPAS CABANG TAKRAW DAN GULAT PPLP SUMBAR IKUTI KEJURNAS

Berita Utama () 21 Oktober 2013 01:36:08 WIB


  PADANG,…Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga ( Dispora ) Sumatra Barat H. Priadi Syukur,SH secara resmi lepas kontingen Sepak Takraw dan Gulat Pusat Pendidikan Latihan Pelajar ( PPLP ) Sumbar MInggu 20/ 10 di Gedung Olahraga Asrama PPLP Sungai Sapih Padang, untuk mengikuti Kejuaraan Nasional ( Kejurnas ) antar PPLP Provinsi Se-Indonesia.

Hadir pada pelepasan itu, Sekretaris Adib Alfikri, SE, M.Si, Kabid Pembudayaan Olahraga, Drs.Rafli Effendi,M.Pd, Kasi Olahraga Pendidikan Elvis Martin, S.Pd, Kasi Olahraga Rekreasi Dispora Sumatra Barat Drs. Maswar, Pelatih Gulat Ilmarizal dan pelatih Sepaktakrau Raflianto.

Dalam sambutanya Priadi Syukur mengatakan, Kunci keberhasilan PPLP Sumatra Barat meraih prestasi pada semua cabang adalah, dimulai pada proses awal yang diterapkan yakni, dari penerimaan pelajar ( Atlet ) ditegaskan, tanpa ada titipan dan interfensi dari pihak lain, intinya yang memenuhi syarat yang layak di bina pada PPLP Sumbar, kemudian penanamman aklak, dan disiplin, yang di lakukan pada semua komponen selanjutnya proses latihan yang dilakoni atlet, dijalani dengan kerja keras dan bersungguh-sungguh .

Dan kemudian kata Priadi Syukur, prestasi juga ditentukan oleh tim yang mampu membangun kebersamaan dan kekompakan, untuk melecut semangat bertarung di medan laga karena tanpa semua itu niscaya akan terbentuk tim yang tangguh untuk meraih juara.  

“ tanpa kebersamaan dan kekompakan sebuah tim tidak akan dapat menggapai juara, untuk itu jadikan kebersamaan tersebut sebagai kekutan dalam meraih kemenangan disetiap laga yang kalian jalani, dengan tujuan mempersembahkan prestasi bagi Tuah Sakato seperti tahun- tahun lalu menjadi juara umum,’’ kata Priadi Syukur.

Ketua Kontingen Kabid Pembudayaan Olahraga melalui kasi Olahraga Pendidikan Elvis Martin, menerangkan, Kontingen PPLP Sumatra Barat yang dilepas ini terdiri dari dua cabang yakni, cabang Sepak Takraw akan mengikuti kejurnas 21-27 oktober di Pontianak (Kalbar ) dengan skuat 18 atlet 2 ofisial, dan cabang Gulat melakoni kejurnas 23- 28 Oktober di Bengkulu dengan jumlah kontingen 14 atlet dan 2 ofisial.

‘’ untuk keberangkatan, cabang sepaktakraw akan terbang melalui BIM Senin 21/10, sementara Cabang Gulat menyusul Selasa 22/ 10 ,’’ terang Elvis.

Senada Pelatih Sepaktakraw Raflianto dan pelatih Gulat PPLP Sumatra Barat, menyatakan, Untuk tahun ini tidak memancangkan target sebagai juara umum, karena materi atlet yang di bawa sekarang merupakan atlet pelapis yang rata- rata baru bergabung di PPLP Sumbar.

Menurut Raflianto, meski tidak mempunyai target meraih juara umum, namun untuk menyiasatinya, para atlet akan diberi trik kusus agar tidak banyak melakukan kesalahan dalam menjalani pertandingan semaksimal mungkin, walau tidak bisa menyamai raihan kejurnas yang lalu sebagai juara umum dengan torehan 2 Emas dan 2 Perak,’’ tuturnya.

Sementara Pelatih Gulat Ilmarizal juga mengaku, untuk meraih juara umum pada kejurnas kali ini Kontingen Gulat tidak berani menjanjikannya seperti tahun lalu di Batam ( Kepri ) dengan raihan 2 Emas, 2 Perak dan 4 Perunggu, karena atlet yang turun sekarang baru pertama kali mengikuti kejurnas.

‘’Meski gulat 5 kali juara umum berturut-turut, tapi untuk kejurnas kali ini kita tak berani menggaransi meraih juara umum kembali, tapi kita akan tetap instruksikan anak-anak agar bermain semaksimal mungkin , ‘’ pungkas Ilmarizal.( Mul/ Hen )