KADISPORA LEPAS KONTINGEN PEPARPELNAS SUMBAR

Berita Utama () 07 Oktober 2013 11:38:28 WIB


PADANG,…Kerja keras, Disiplin,Semangat, Penampilan prima dan Do’a merupakan kunci untuk meraih prestasi, kata Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga H.Priadi Syukur,SH pada pelepasan kontingen Peparpelnas Sumatra Barat untuk mengikuti Pekan Paralimpik Pelajar Nasional ( PEPARPELNAS ) VI ,7 sampai 13 Oktober 2013 di provinsi DkI Jakarta.

Turut hadir pada pelepasan itu Sekretaris Dispora Sumbar Adib Alfikri,SE,M.Si, Kepala Bidang Pembudayaan Olahraga Drs.Rafli Effendi,M.Pd, Kabid Peningkatan Prestasi Olahraga Astronel, SE,Pengprov SOINA Sumbar, Kasi Olahraga Layanan Kusus Della Handayani, SE, Kasi Olahraga Pendidikan Elvis Martin, S.Pd, Kasi Olahraga Rekreasi Drs. Maswar, Kasi Pembibitan Olahragawan Rasydi Sumetry,S.Pd, M.Pd.

Lebih lanjut Priadi Syukur mengatakan, Dalam UU 2005 telah mengatur, bahwa setiap warga Negara berhak meraih prestasi, begitu juga dengan atlet Paralimpia ( atlet yang berkebutuhan kusus ) yang akan membela Sumatra Barat dikancah Nasional nanti.sebelumnya atlet Sumbar telah menorehkan prestasi meraih 5 besar pada POPNAS dijakarta beberapa waktu lalu, juga akan menular pada atlet paralimpia Sumbar yang berlaga pada Peparpelnas nanti, mampu mempersembahkan prestasi bagi Tuah Sakato.

Dikatakan juga semua atlet yang membela Sumatra Barat dikancah nasional mendapat perlakuan sama dari pemerintah ( Dispora ), baik mulai TC sampai keberangkatan tidak ada yang dibedakan seperti atlet POPNAS hanya melakukan TC tiga hari begitu juga dengan atlet Paralimpia, meski terbatas dari segi finansial dan waktu persiapan kita yakin para atlet dapat meraih prestasi.

“Kita yakin dengan semangat dan ditunjang dengan mental bertanding yang kuat para atlet paralimpia juga dapat meraih prestasi masuk 10 besar Nasional pada Peparpelnas lebih tinggi dari Peparpelnas V di Pekan Baru Riau tahun 2011 lalu, yang hanya bertengger pada urutan ke 18 dengan 3 medali Emas, 6 Perak dan 11 Perunggu ,’’ kata Priadi Syukur menyemangati para atlet yang akan berangkat.

Ketua Pelaksana Kabid Pembudayaan Olahraga Rafli Effendi menyampaikan, Kontingen Sumatra Barat pada PEPARPELNAS VI ini akan mengikuti empat cabang yaitu, Atletik, Bulutangkis, Tenis Meja dan Renang yang mewakili empat ketunaan yakni Tuna Grahita 6 orang, Tuna Netra 6 orang, Tuna Rungu 5 orang dan Tuna Daksa 5 Orang.

Sebelumnya lanjut Rafli Efendi, para atlet telah menjalani TC yang berlangsung dari tanggal 4 sampai 6 Oktober 2013, yang berlangsung di wisma pramuka dengan tempat latihan Gor H.Agus Salim Padang dan Gor PPLP Sungai Sapih Padang, sementara untuk berangkat keJakarta kontingen akan naik pesawat Garuda Airlines senin 7/10 pukul 08,55 pagi, dan akan menginap di Hotel Central jalan Pramuka Raya kemudian para atlet juga akan langsung melakukan Tes Klasifikasi Kecacatan.

Sedangkan Pembukaan Pekan Paralympik Pelajar Nasional akan berlangsung Kamis 10 Oktober pukul 15 wib oleh Mentri Pemuda dan Olahraga Roy Suryo di GOR Sumantri Brojonegoro Kuningan.

“Untuk cabang Bulutangkis, Tenis Meja dan Renang pertandingan akan dilaksanakan di GOR Sumantri Brojonegoro Kuningan, dan cabang Atletik dilaksanakan di stadion Rawamangun,’’ terang Rafli Effendi mengakiri laporannya. ( MUL/ HEN )