Gelar Rakor Ketahanan Ekonomi, Pemprov Sumbar Harapkan Stabilitas Daerah Hadapi Gejolak Ekonomi

Berita Utama TITA SHANIA(Badan Kesatuan Bangsa dan Politik) 19 Oktober 2018 08:39:11 WIB


Sesuai dengan program kerja Badan Kesbangpol Prov. Sumbar tahun 2018, telah dilaksanakan rapat koordinasi ketahanan ekonomi dan budaya pada September lalu. Bertempat di Fave Hotel, acara ini mengundang 75 orang aparatur badan/kantor kesbangpol provinsi dan kabupaten/kota serta instansi terkait lainnya.

Menghadapi gejolak ekonomi yang sering terjadi, pemprov Sumbar ingin mewujudkan persamaan persepsi antar aparatur kesbangpol dan instansi terkait lainnya dalam menyikapi persoalan persoalan ekonomi yang mengemuka, serta menemukan solusi sebagai bahan pengambil kebijakan.

Sebagaimana diketahui, ketahanan ekonomi merupakan suatu kondisi dinamis kehidupan perekonomian yang ulet, tangguh, dan kuat dalam menghadapi serta mengatasi berbagai tantangan dan dinamika perekonomian baik yang datang dari dalam maupun yang datang dari luar. Pemerintah bertugas mewujudkan ketahanan ekonomi yang tercermin dari kondisi perekonomian bangsa yang stabil dan terpelihara, serta terwujudnya kemandirian ekonomi yang berdaya saing dan terwujudnya rakyat yang makmur dan sejahtera.

Pada rakor ketahanan ekonomi ini, beberapa narasumber daerah memberikan paparan, yaitu Kepala Badan Kesbangpol Prov. Sumbar dengan materi berjudul "Peranan Kesbangpol Dalam Memfasilitasi Potensi Konflik Sumber Daya Alam Daerah", Dosen Universitas Andalas Padang dengan materi "Dampak Pertumbuhan Ekonomi Terhadap Kesejahteraan Masyarakat", Kepala Biro Perekonomian Setda Prov. Sumbar dengan judul materi "Peranan Biro Perekonomian Dalam Menjaga Ketahanan Ekonomi", dan Kepala Bidang Pembinaan Masyarakat Badan Kesbangpol Prov. Sumbar dengan judul materi "Peranan Inovasi Dalam Meningkatkan Daya Saing Daerah".

Aparatur kesbangpol daerah dan instansi terkait lainnya sangat responsif terhadap fluktuasi harga yang kini terjadi dan mengharapkan koordinasi ketahanan ekonomi ini dapat dilaksanakan secara berkesinambungan setiap tahunnya. Kegiatan berakhir pada sore harinya dengan tertib dan lancar