Pemerintah Apresiasi Masyarakat dan Petugas saat Penertiban Kelok Sembilan

Berita Utama EKO KURNIAWAN, S.Kom(Diskominfo) 08 Juni 2018 21:40:16 WIB


Kita bersyukur penertiban Pedagang Kaki Lima (PKL) di Kelok Sembilan berjalan aman dan lancar. Kita memberikan apresiasi kepada masyarakat terutama para PKL yang telah bekerjasama dengan baik terhadap petugas dilapangan. Hari ini, kita mesti bergerak cepat untuk merumuskan semua rencana pekerjaan, dimana dalam dua tahun ini akan dibangun menara dan fasilitasi lainnya di Kelok Sembilan.

Hal ini disampaikan Wagub Nasrul Abit disela-sela Rapat Koordinasi Tim Terpadu Pemprov Sumbar bersama Pemkab. Lima Puluh Kota dan instansi terkait lainnya penertiban dan pengelolaan Kelok Sembolan diruang rapat kantor Gubernur Sumbar, Kamis (7/6/2018).

Lebih lanjut Wagub Nasrul Abit menyampaikan, Kelok Sembilan akan dijadikan destinasi wisata, maka pembangunan mesti berbeda dengan yang lain, yang terpenting unik, indah dan menarik untuk di kunjungi oleh semua orang.

"Pembangunan menara pandang akan menjadi daya tarik, karena dapat dijadikan tempat menikmati indah dan eloknya fly over Kelok Sembilan sehingga bisa dijadikan salah satu ikon wisata Sumbar," ujar Nasrul Abit.

Nasrul Abit menyebutkan bahwa pemerintah Kabupaten Lima Puluh Kota dan Provinsi Sumatera Barat terus berupaya meningkatkan kenyamanan dan fasilitas di Kelok Sembilan.

Pemerintah sudah bicarakan dalam rapat, bahwa tahun ini akan disiapkan Detail Engineering Design (DED) dan master planingnya untuk pembangunan menara, selain itu juga akan ditertibkan beberapa bangunan yang berada dilokasi Kelok Sembilan.

"Pemerintah akan melakukan koordinasi dengan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA), karena saat ini posisi menara masuk dalam lokasi suaka alam dan BKSDA hanya menargetkan 10 persen areal yang bisa digunakan untuk lokasi menara dan fasilitas ekonomis istirahat serta belanja," ujar Nasrul Abit.

Sementara itu, Kasubditkamsel Ditlantas Polda Sumbar, AKBP Jamaris menyebutkan bahwa Dinas Perhubungan akan mengupayakan pembuatan rambu lalu lintas di fly over agar tidak ada pengunjung yang berhenti diatas Kelok Sembilan.

"Ada larangan berhenti dan parkir di atas fly over, kalau ada yang berhenti kami akan berikan sanksi bagi pengendara," ujarnya.