PKK Kecamatan Airpura Pesisir Selatan Adakan Sosialisasi Kanker Serviks

Berita Utama EKO KURNIAWAN, S.Kom(Diskominfo) 11 Oktober 2018 19:52:55 WIB


Mengantisipasi kejadian kanker serviks yang sering menyerang pada ibu-ibu usia subur, tim Penggerak PKK Kecamatan Airpura, Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel), Rabu (10/10), mengadakan sosialisasi deteksi dini kanker serviks di Nagari Lalang Panjang, Pessel, dengan menghadirkan narasumber dokter yang mempunyai sertifkat dibidangnya.

Sosialisasi kali ini mendapat respon positif dari para peserta yang terdiri dari ibu-ibu PKK nagari, Pokja 1-4 di Kecamatan Air Pura dan Penggurus PKK Kecamatan Air Pura serta bidan desa yang ada di Pusat Kesehatan Nagari (Pukesri) Kecamatan Air Pura. Dua dokter yang menjadi narasumber, Dr. Marlan Tomi dari Pukesmas Pancung Soal dan Dr. Doni dari Pukesmas Air Pura, serta kepala Pukesmas di dua kecamatan tersebut.

Camat Air Pura, Efrianto.Z. Spt menjelaskan, kegiatan yang diadakan oleh PKK Kecamatan Air Pura ini cukup positif dan perlu didukung serta nantinya benar-benar di laksanakan di tengah-tengah masyarakat. Menurutnya, dengan sosialisasi seperti ini ibu-ibu usia subur bisa mengerti bagaimana cara dilakukan agar tidak terkena kanker serviks, karena kanker tersebut cukup membahayakan.

"Dalam waktu dekat ini kita akan turun kebawah, melakukan deteksi dini," ungkap Efrianto di Air Pura, Rabu (10/10).

Kanker leher rahim/kanker serviks merupakan penyakit menakutkan dan mematikan bagi kaum wanita. Penyakit kanker serviks dapat dicegah dengan melakukan pemeriksaan secara dini. Metode yang dilakukan adalah dengan IVA TEST dan tindakan Kolposkopi yaitu tindakan yang bertujuan untuk memeriksa adanya sel yang abnormal di dalam atau di sekitar vagina, vulva, atau serviks (leher rahim). Pemeriksaan dengan metode IVA dapat dilakukan oleh dokter, bidan dan paramedis karena pemeriksaannya yang sederhana, aman, praktis dan efektif.

"Kita berharap sosialisasi bisa meminimalisir penyakit kanker serviks, dan para ibu-ibu khususnya usia subur bisa memperhatikan," ungkap Efrianto.

Lebih jauh Efrianto berpesan kepada masyarakat di Kecamatan Air Pura dan para ibu-ibu khususnya usia subur tidak usah cemas, khawatir ataupun takut. Dengan mengikuti anjuran dokter dirinya yakin kita semua bisa terhindar dari penyakit kanker serviks.