Pesisir Selatan Punya Kawasan Wisata Bahari Mandeh yang Indah

Pengembangan Wisata Admin Satpol PP(Satuan Polisi Pamong Praja) 11 Mei 2015 06:26:00 WIB


Satpol PP Sumbar, Padang - Kawasan Wisata Mandeh atau Mandeh resort merupakan sebuah kepulauan yang berbatasan langsung dengan Kota Padang berjarak sekitar 56 kilometer dengan waktu tempuh yang diperlukan untuk menuju destinasi tersebut sekitar 70 menit dengan menaiki mobil. Kawasan seluas 18.000 hektar ini memiliki keindahan dan pesona alam bahari yang sangat indah.

Objek wisata Kawasan Mandeh (Mandeh Resort) sudah dikenal baik tingkat nasional maupun Internasional dengan adanya investasi asing (Italia), Kawasan Mandeh telah menjadi destinasi utama kebijakan sector pariwisata kebaharian yang dimasukkan kedalam Rencana Induk Pengembangan Pariwisata Nasional (RIPPNAS) bersama biak dan Bunaken. Kawasan Wisata Mandeh sangat menjanjikan untuk dijadikan tujuan investasi.

Dinamakan Kawasan Wisata Mandeh karena salah satu kampung yang ada di sana bernama Kampung Mandeh. Kawasan Mandeh merupakan perpaduan perbukitan yang alami dengan keindahan teluk yang dihiasi dengan gugusan pulau-pulau kecil yang berada di bagian tengah Teluk Carocok Tarusan. Teluk ini memang cukup landai dan tidak berombak karena di sekitarnya terdapat beberapa pulau kecil seperti, Pulau Traju, Pulau Setan Kecil, Sironjong besar dan kecil, serta Pulau Cubadak.

 

Gugusan pulau-pulau kecil dengan kekayaan biota laut inilah yang menjadikan Mandeh sebagai kembaran dari kawasan Raja Ampat. Adanya teluk yang menjadikan kawasan Mandeh memiliki pantai yang landai dan tidak berombak, sehingga wisatawan yang datang ke sana bisa snorkeling. Tidaklah heran bila kawasan ini dijuluki dengan The Paradise in the Shouth (surga di Selatan), maksudnya di bagian selatan Provinsi Sumatera Barat.

 

Untuk itu marilah kita jaga kelestarian wisata bahari Mandeh yang akan memberikan banyak manfaat bagi kehidupan masyarakat sekitarnya dengan melakukan upaya-upaya pelestarian sumber daya alam oleh Pemerintah Provinsi Sumatera Barat dan Kabupaten Pesisir Selatan, upaya pelestarian mutlak harus dilakukan agar manfaatnya terus menerus dapat kita peroleh. Tentu saja, upaya pelestarian juga merupakan bentuk wujud tanggung jawab generasi saat ini terhadap generasi yang akan datang agar mereka juga dapat memper oleh manfaat sumberdaya alam.