KOTA PARIAMAN MASUK NOMINASI NASIONAL, LOMBA PELAKSANAAN IVA TEST

KOTA PARIAMAN MASUK NOMINASI NASIONAL, LOMBA PELAKSANAAN IVA TEST

Artikel Zakiah(Tenaga Artikel) 30 Agustus 2018 15:34:12 WIB


KOTA PARIAMAN MASUK NOMINASI NASIONAL, LOMBA PELAKSANAAN IVA TEST

Tim Penggerak PKK Pusat melakukan verifikasi lapangan terkait lomba Pelaksanaan Inspeksi Visual Asam Asetat (IVA) Test, ke Provinsi Sumatera Barat dari tanggal 13 sampai 15 Agustus 2018 yang lalu. Verifikasi ini merupakan bagian dari Lomba Gerakan PKK Tingkat Nasional untuk Pokja IV PKK. Dimana Tahun 2018 ini Kota Pariaman masuk nominasi Nasional untuk kategori Lomba Pelaksanaan IVA Test. Ceremonial Verifikasi tersebut berlangsung di Kecamatan Pariaman Tengah Kota Pariaman, Selasa (14/8/2018).

 

Tim Penggerak PKK mendukung Pemerintah untuk meningkatkan derajad kesehatan perempuan, khususnya menghindari serta mencegah terjadinya kanker leher rahim (serviks) sejak dini, melalui pemeriksaan IVA. IVA test merupakan salah satu cara untuk mendeteksi sedini mungkin penyakit kanker serviks atau kanker leher rahim. Kanker serviks sendiri merupakan kanker yang muncul pada leher rahim wanita, yang berfungsi sebagai pintu masuk menuju rahim dari vagina. Semua wanita dari berbagai usia berisiko menderita kanker serviks. Tapi, penyakit ini cenderung memengaruhi wanita yang aktif secara seksual.

Dengan adanya perlombaan ini diharapkan dapat meminimalisir jumlah perempuan yang positif prakanker atau terkena kanker serviks dengan mendeteksi sedini mungkin melalui IVA test. Hal ini disampaikan oleh pimpinan rombongan Tim Penilai Lomba IVA Test dari PKK Pusat, dr.Laksmi Widiastuti, yang juga merupakan Ketua Pokja IV TP-PKK Pusat.

 

Ibu Laksmi juga mengajak semua pengurus Tim Penggerak PKK untuk lebih intensif mengajak masyarakat, khususnya perempuan dari pasangan usia subur untuk ikut Tes IVA. Kapan perlu hendaknya dimulai dari tingkat kelurahan/desa sampai ke tingkat Provinsi. Dalam penilaian ini ada sekitar 20 item yang menjadi indikator penilaian pelaksanaan IVA Test. Jika semua indikator ini terpenuhi maka juara satu Nasional bisa diberikan ke Kota Pariaman.

Kriteria penilaian lomba IVA test di antaranya adalah, bagaimana peran Pemerintah Daerah dalam mendukung program ini, terutama dalam hal anggaran. Kemudian bagaimana cara penyuluhan kader kepada masyarakat dan hasil capaian pelaksanaan IVA Testnya bagaimana. Dari penyuluhan itu seberapa besar angka peningkatan pasangan usia subur dalam program deteksi dini penyakit kanker serviks dan IVA Test itu, serta banyak penilaian lainnya.

Selain itu Ketua TP PKK Kota Pariaman, Ny.Reni Mukhlis juga mengungkapkan bahwa dalam menerima Tim Penilai ini, segala persiapan,telah dilakukan mulai dari Pihak Dinas Kesehatan, Puskesmas sampai dengan Kecamatan dan Desa atau Kelurahan yang akan dinilai,telah lengkap..

Dengan ditunjuknya Kelurahan Kampung Jawa I, Kecamatan Pariaman Tengah, Kota Pariaman yang mewakili Provinsi Sumatera Barat dalam ajang Lomba IVA Test tingkat Nasional ini, akan menjadi motivasi lebih bagi Pemko Pariaman, untuk dapat berbicara di tingkat Nasional nantinya.

"Dari target yang ditetapkan provinsi Sumbar sebanyak 763 orang di Kecamatan Pariaman Tengah, kita dapat mencapai 1077 orang yang mengikuti IVA test ini, jauh melebihi target yang ditetapkan, karena itulah Kecamatan Pariaman Tengah ditunjuk untuk mewakili Provinsi Sumbar di tingkat Nasional," tutur Reni Mukhlis. Sedangkan untuk Kota Pariaman yang ditargetkan oleh Provinsi Sumatera Barat, pemeriksaan IVA test ini sebanyak 2192 orang, dan sampai Desember 2017 lalu telah mencapai sebanyak 2225 orang.

Dalam kunjungan Tim Verifikasi PKK Pusat, juga disambut oleh Wakil Walikota Pariaman, Bapak Genius Umar, yang mengatakan bahwa di Pariaman telah banyak ibu-ibu yang melaksanakan pemeriksaan IVA. Ini menandakan kaum ibu di daerah ini telah menyadari dan tahu pentingnya kesehatan serta pencegahan sejak dini dari penyakit kanker mulut rahim (serviks). Beliau juga mengucapkan terima kasih atas terpilihnya Kota Pariaman sebagai Nominasi Nasional untuk Lomba IVA Test, dan berharap semoga terpilih menjadi Juara I Tingkat Nasional Tahun 2018.(SZ)