BATAGAK PANGULU EPYARDI ASDA

Berita Utama () 14 Agustus 2013 03:23:22 WIB


Acara Batagak Pangulu Epyardi Asda sebagai Datuak Sutan Majo Lelo suku Tanjung Supadang itu selain dihadiri oleh para Datuak atau Tokoh Adat se Nagari Singkarak, serta para Pejabat dan tokoh ternama dan ribuan masyarakat Singkarak sekitarnya. Sejumlah Bupati/Wako dan Ketua DPRD serta tokoh Lembaga Kerapataan Adat Alam Minangkabau (LKAAM) dan Pejabat penting lainnya juga menghadiri acara Batagak Pangulu Epyardi Asda tersebut.

Acara prosesi pengangkatan Epyardi Asda sebagai Datuak Sutan Majo Lelo itu digelar dalam rangkaian kegiatan acara Batagak Pangulu Suku Tanjung Supadang bertempat di Balai Adat Kerapatan Adat Nagari (KAN) Singkarak, di jalan Raya Solok Ombilin-Padang Panjang Kilometer 15 Singkarak.

Sebagai seorang Datuak yang telah didahulukan selangkah dan ditinggikan seranting tujuannya adalah senantiasa tampil arif bijaksana dalam rangka menegakkan kebenaran dan keadilan.

Penyelenggaraan kegiatan batagak pangulu merupakan hal yang masih sangat penting, sebagaimana masih pentingnya peran seorang penghulu di tengah masyarakat. Dalam hal batagak pangulu, para niniak-mamak, cadiak pandai, alim ulama, bundo kanduang dan urang sumando masih mempertahankan unsur-unsur penting yang terdapat di dalam tata cara pelaksanaannya.