PELUANG USAHA DAN CARA BUDIDAYA IKAN GURAMI MERAH PADANG

Kelautan dan Perikanan NONONG HANUGRAH, A.Md(Dinas Kelautan dan Perikanan) 03 Oktober 2013 06:23:03 WIB


PELUANG USAHA DAN CARA BUDIDAYA IKAN GURAMI MERAH PADANG

Ikan gurami yang lezat, gurih dan nikmat dimakan ternyata memiliki potensi bisnis yang menggiurkan untuk tujuan pasar ikan hias. Jika ikan gurami yang biasa dimakan harganya berkisar sekitar 60 ribu per kilogramnya, maka ikan gurami padang harganya bisa mencapai 300 ribu per kilogramnya.

 

Ikan gurami hias ini disebut dengan ikan gurami merah padang, sesuai namanya badannya memang berwarna merah dan karena banyak terdapat di Padang maka namanya ikan gurami merah padang. Ikan gurami merah padang banyak dikoleksi sebagai ikan hias karena warnanya yang indah.

Perawatan Ikan Gurami Merah Padang

Perawatan ikan gurami merah padang juga tidak jauh berbeda dengan ikan gurami biasa yang sangat mudah dan relatif tahan terhadap penyakit. Untuk urusan makan-pun, ikan gurami merah padang ini bisa digolongkan kedalam kelompok “omnivora” yakni bisa memakan apa saja. Namun pada umumnya ikan gurami merah Padang biasa diberi makan daun talas. Biasanya para peternak ikan gurami merah padang memberi makan kombinasi antara pelet ikan dengan daun talas. Pemberian pelet bertujuan untuk mempercepat pertumbuhan ikan gurami merah padang, namun jika terlalu berlebihan dapat menyebabkan warna merah pada ikan gurami merah padang memudar.Pemberian daun talas sebagai pakan alami bertujuan untuk menjaga warna merah pada ikan gurami merah padang, namun daun talas sebaiknya diberikan setelah dilayukan terlebih dahulu.

Disamping daun talas, kolam pemeliharaan ikan gurami merah padang bisa juga diberi tanaman eceng gondok. Tanaman eceng gondok juga merupakan pakan alami ikan gurami merah padang,selain itu eceng gondok juga bermanfaat sebagai pembersih air karena sifat akarnya yang bisa menyerap kotoran dalam air kolam.

Perbedaan Ikan Gurami Merah Padang Betina dan Jantan

Untuk membedakan ikan gurami merah padang betina dan jantan tidaklah sulit, karena bisa dibedakan dengan melihat pada tampilan fisiknya. Ikan gurami merah padang jantan memiliki ciri kepala nonong dan mulutnya mancung, sedang untuk ikan gurami merah padang betina memiliki kepala dan mulut yang tidak begitu menonjol

Persiapan Kolam Ikan Gurami Merah Padang

Kolam berukuran 1,5 x 3 m dengan kedalaman air sekitar 70 cm bisa menampung 100 ekor ikan gurami merah padang berukuran kecil. Sebelum diisi ikan, sebaiknya air kolam didiamkan sehari semalam dengan diberikan daun talas dan atau eceng gondok. Hal ini bertujuan untuk membuat air kolam mendekati air habitat alami tempat ikan gurami merah padang hidup, sehingga bisa mempercepat proses adaptasi ikan gurami merah padang pada kolam atau habitat barunya. Sortir atau seleksi bisa dilakukan setelah dua bulan, yakni dengan memindahkan ikan gurami merah padang yang kurang sehat. Untuk mengoptimalkan pertumbuhan ikan gurami merah padang, pindahkan separuh dari ikan gurami merah padang ke kolam lain setelah berusia 5 bulan. Jika terlalu padat populasi ikannya maka ikan gurami merah padang akan sulit untuk tumbuh dengan baik