Pemkab Pessel Targetkan Produksi Perikanan Tangkap 2018 Mencapai 38 Ribu Ton

Berita Utama Desi Marlinda(Diskominfo) 08 Mei 2018 09:27:12 WIB


Pesisir Selatan, 7 Mei 2018 - Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel) menargetkan sepanjang 2018 ini menargetkan produksi tangkap nelayan hingga 38 ribu ton. 

Kepala Bidang (Kabid) Tangkap Dinas Perikanan Afriman Julta menyebutkan pihaknya sangat optimis dapat mencapai target produksi yang telah ditetapkan itu. 

Hal itu mengingat banyaknya program bantuan sarana dan prasarana alat tangkap yang diberikan pada nelayan tahun ini. 

"Itu seperti bantuan jaring tangkap, misalnya. Jadi, produksi itu memang tergantung pada sarana dan prasarana tangkapnya," ujarnya di Painan, Senin (7/5).

Ia menjelaskan periode 2016, produksi perikanan tangkap hanya 34 ribu ton. Realisasi itu sedikit lebih rendah dari target yang telah ditetapkan, yakni mencapai 36 ribu ton.

Penurunan produksi terjadi akibat ada kebijakan pelarangan penggunaan beberapa jenis alat tangkap daru Kementerian Kelautan dan Perikanan (Kemen-KKP).

Kemudian sepanjang 2017, lanjut dia, produksi perikanan tangkap Pesisir Selatan kembali mengalami peningkatan, mencapai 37 ribu ton.

"Kalau potensi kita di Pesisir Selatan ini cukup bagus. Apalagi, terumbu karang kita belum terlalu rusak," terang dia.

Untuk itu, guna meningkatkan produksi tangkap nelayan, pemerintah daerah terus melakukan pembinaan pada para nelayan.

Selain itu, tambahnya, mengupayakan adanya peningkatan bantuan sarana dan prasarana tangkap. 

Bantuab tak hanya dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) semata, akan tetapu juga dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN). 

"Namun yang paling penting kami imbau, agar nelayan tidak lagi menggunakan alat tangkap sejenis lampara dasar," tutupnya. (14)