Bupati Minta Puskesmas Rawat Inap Tingkatkan Kualitas Pelayanan Medis Pada Masyarakat

Berita Utama Desi Marlinda(Diskominfo) 13 April 2018 13:46:25 WIB


Painan, 13 April 2018

Seluruh Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Rawat Inap yang memiliki kemampuan serta fasilitas yang siap 24 jam harus meningkatkan kualitas pelayanan medis kepada masyarakat. Antara lain, pelayanan medis pada ibu hamil, bersalin, nifas, bayi baru lahir dan lainnya.

"Pelayanan tersebut mesti dilakukan baik yang datang sendiri atau atas rujukan kader, bidan di nagari dan Puskesmas pada kasus yang tidak mampu ditangani oleh pihak kesehatan sebelumnya," kata Bupati Pessel, Hendrajoni, Jumat (13/04) di Painan.

Dijelaskan, saat ini sebagian Puskemas di Pessel sudah meningkat statusnya sebagai Puskemas Rawat Inap.

Hal itu secara bertahap terus dilakukan oleh Pemkab Pessel. "Melalui program ini Pemkab telah menjadikan beberapa Puskesmas sebagai pilot proyek. Kemudian kehadiran Puskesmas itu diharapkan dapat menurunkan angka kematian ibu dan angka kematian bayi. Intinya meningkatkan derajat kesehatan masyarakat," ucapnya.

Disamping itu lanjutnya, Pemkab juga terus berupaya meningkatkan pelayanan kesehatan bagi keluarga miskin dan pra miskin melalui program-program strategis lainnya.

Untuk itu, seluruh organisasi kesehatan mulai dari tingkat kabupaten, kecamatan hingga nagari harus bersinergi dan mendukung program pemerintah sesuai bidangnya.

"Pelayanan kesehatan merupakan tanggungjawab pemerintah bersama pihak terkait. Dalam hal ini perhatian terhadap peningkatan kualitas  pelayanan kesehatan menjadi skala prioritas," katanya. (03)

sumber:portal pessel