Penata Kawasan Mandeh Untuk Jadikan Kawasan Wisata Internasional

Berita Utama Desi Marlinda(Diskominfo) 09 Februari 2018 10:50:34 WIB


Painan, 9 Februari 2018

Bupati Pesisir Selatan Hendrajoni mengungkapkan Kawasan Mandeh dipersiapakan untuk menjadi kawasan wisata berkelas internasional, untuk itulah perlu adanya penataan kawasan menjadi lebih baik

Apalagi Kawasan Mandeh juga akan dijadikan sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) untuk itulah perlu adanya pembenahan diberbagai bidang salah satunya adalah relokasi pemukiman warga yang berada disekitar pelabuhan Cerocok Tarusan.

Menurutnya di sekitar Pasar Modern yang sedang dibangun sekarang ini  juga akan dibangun pemukiman warga. Dan pemerintah akan menyediakan sekitar 3 Hektar lahan untuk pembangunan itu nantinya .

Selain itu juga akan dibuat jalur baru disekitar pemukiman tersebut untuk pakir boat/perahu wisata untuk membawa wisatawan nantinya .Dan banyaknya warga yang akan direlokasi masih belum diketahui namun perlu adanya pendataan.

"Kita akan mengupayakan mengait dana dari pusat untuk melaksanakan rencana ini kedepannya . Sebab Kawasan Mandeh kedepannya akan semakin dikunjungi oleh wsiatawan baik lokal maupun internasional karena itu perlu adanya pembenahan lebih terprogram," ujarnya 

Ditambahkannya pemukiman warga yang terkena relokasi adalah pemukiman warga yang jarak rumahnya dari bibr pantai sekitar 100 meter sesuai aturan .

Selain itu pemindahan pemukiman warga tersebut agar warga memiliki pemukiman yang lebih layak ini juga bertujuan agar Pasar Modern yang pembangunanya sedang dilakukan juga ramai nantinya sebab pemukiman warga dan pakir boat berada persis dibelakangnya . 

"Wisatawan yang ingin menaiki boat /perahu wisata akan melalui pasar modern tersebut terlebih dahulu , sehingga upaya meramikan pasar modrn tersebut bisa terwujud dan pembangunannya tidak menjadi sia sia ," ujarnya

Dan berkas pemukiman warga yang direlokasi ini akan digunakan untuk pelabuhan kapal serta sebagai pintu masuk Kawasan Ekonomi khusus nantinya  dan pembangunan prasarana lainnya pendukung pariwisata. (07). 

sumber:webpessel