Sembilan Nagari Ikut Musrenbang Kecamatan Sijunjung

 Sembilan Nagari Ikut Musrenbang Kecamatan Sijunjung

Berita Utama EKO KURNIAWAN, S.Kom(Diskominfo) 08 Februari 2018 12:18:50 WIB


Sijunjung, 8 Februari 2018

Sebanyak sembilan nagari di Kecamatan Sijunjung, Kabupaten Sijunjung, Sumatera Barat, Rabu (7/2/2018) mengikuti musyawarah rencana pembangunan (Musrenbang).

Musrenbang RKPD Kecamatan Sijunjung itu dibuka Asisten III Setdakab, Adlis dan dihadiri para OPD yang ada dan Camat Sijunjung. Untuk diketahui, Musrebang yang juga dihadiri Kepala Bapppeda Sijunjung, Febrizal Ansori, ternyata Kecamatan Sijunjung yang pertama melaksanakan kegiatan tersebut untuk Tahun 2018.  

Bahkan Kepala Bapppeda memberikan   apresiasi kepada Camat Sijunjung, Khalfian yang berhasil melaksanakan Musrenbang pertama sesuai dengan jadwal yang direncanakan. 

Dalam Musrenbang tersebut, camat juga menyampaikan beberapa potensi nagari yang ada di Kecamatan Sijunjung. Bahkan untuk menyikapi tersebut, Kecamatan Sijunjung pada pameran pembangunan dalam rangka hari jadi kabupaten juga ikut serta dan ambil peran pada bazar.

Menurut Camat Sijunjung, potensi nagari-nagari di Kecamatan Sijunjung cukup banyak. Seperti Nagari Sijunjung, misalnya ada wisata budaya serta tenun berada di Padang Ranah. Begitu juga di Nagari Paru ada keraajinan rotannya. 

"Di Nagari Pematang Panjang ada  kerajinan lansia serta kegiatan industri rumah tangga berupa kegiatan industri karupuak jangek. Di Muaro juga ada wisata religi, yakni di Calau serta kuliner galamai dan kipangnya juga ada," terang camat.

Itu saja? Tidak! Potensi lainnya yang ada di Kecamatan Sijunjung, kata camat ada di Nagari Aia Angek dengan beras pandan wanginya begitu juga dengan Nagari Solok Ambah juga ada Ngalau Perkaulan yang belum banyak dikenal orang perlu dilestarikan serta di Nagari Kandang Baru juga ada dasa wismanya yang sangat bagus.

Musrenbang berjalan sukses dan lancar. 

Sumber : kantorberitathetarget.com