Tahun 2018 Sumbar Bakal Cetak Sawah Baru di Tiga Daerah

Tahun 2018 Sumbar Bakal Cetak Sawah Baru di Tiga Daerah

Berita Utama EKO KURNIAWAN, S.Kom(Diskominfo) 13 Januari 2018 18:27:14 WIB


Padang, 12 Januari 2018

Dari 19 kabupaten dan kota di Sumbar, hanya tiga daerah yang akan dilakukan cetak sawah baru pada 2018. Ketiga daerah tersebut yakni Kabupaten Pasaman Barat, Sosok Selatan dan Lima Puluh Kota.

Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan Sumbar, Candra menyebutkan Pemerintah Provinsi Sumbar menargetkan mencetak sawah baru seluas 500 hektare, dengan rincian, Kabupaten Pasaman Barat seluas 300 hektare, Solok Selatan 100 hektare dan Limapuluh Kota 100 hektare.

Dijelaskan Candra, sebelumnya, hingga Oktober 2017 seluas 450 hektare sawah baru telah terealisasi dari jatah provinsi seluas 600 hektare, sedangkan pada 2016 daerah setempat telah merealisasikan cetak sawah baru seluas 599,94 hektare.

"Cetak sawah baru merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan produksi padi dan pemanfaatan lahan yang tidak produktif, kemudian menggantikan akibat adanya alih fungsi lahan sawah," katanya.

Dilanjutkannya, proses cetak sawah baru terdiri atas beberapa tahap, yaitu proses pembukaan lahan yang merupakan tahap awal dalam proses cetak sawah baru dengan menggunakan alat berat, kemudian proses land lavelling yang merupakan proses pemerataan lahan yang berbukit bukit untuk memperkecil kemiringan lahan dengan cara penggalian tanah pada lahan itu yang kemudian diratakan.

"Selanjutnya pembuatan pematang, jaringan irigasi,  jalan pertanian, pengolahan tanah, hingga penanaman. Sedangkan untuk memperluas dan percepatan cetak sawah baru di Sumbar akan bersinergi dengan TNI yang berada di daerah tersebut," ujarnya.

Ia melanjutkan, kendala petani setelah cetak sawah baru ini adalah kondisi tanah yang belum subur sehingga produksi padi belum maksimal. Untuk mengatasi masalah itu, pihaknya memberikan pendampingan melalui penyuluh pertanian, menyalurkan bantuan bibit, pupuk, dan alat pertanian.

Sumber : klikpositif.com