Songsong HPN 2018, Pemprov Sumbar Gelar Seminar Nasional

Songsong HPN 2018, Pemprov Sumbar Gelar Seminar Nasional

Berita Utama WISNITA(Dishub) 04 November 2017 17:19:34 WIB


Alahan Panjang,  Menyongsong Hari Pers Nasional (HPN) tahun 2018 mendatang. panitia penyelenggara melaksanakan Seminar Nasional Pra Hari Pers Nasional Sumatera Barat Tahun 2018 bertema “Pers Sebagai Alat Pemersatu Bangsa”, bertempat di Convention Hall Danau Diatas, alahan Panjang, Jum’at (3/11).

 

Hadir pada kegiatan itu Gubernur Sumatra Barat Irwan Prayitno, Bupati Solok : H. Gusmal, SE, MM, Staf Ahli Kemendagri  Drs. Hamdani, MM, M.Si, AK, Staf Ahli Kemkominfo Drs. Gun-Gun Siswandi, M.Si, Ketua DPRD Prov Sumbar :Hendra Irwan Rahim, Ketua PWI Pusat  Margiono, Ketua PWI Sumbar  Heranof Firdaus, Bupati Solok H. Gusmal, SE, MM dan Ka Biro Humas Prov Sumbar  Jasman.

Dalam laporannya ketua pelaksana seminar yang juga Ka Biro Humas Prov Sumbar,  Jasman menjelaskan, maksud dari kegiatan ini adalah,  selain untuk mempererat tali silaturahmi juga untuk mendorong pemerintah Provinsi Se Indonesia dan Pemerintah Kab/Kota di Sumbar untuk ikut serta dalam mensukseskan pelaksanaan HPN Tahun 2018 di Sumbar

“Selain itu akan meminta masukan dan memberikan informasi kepada ketua PWI dan pemerintah Provinsi se Indonesia tentang kesiapan dan program-program pendukung HPN 2018 di Sumbar. Diharapkan hasil seminar ini menjadi masukan penting untuk Pers Nasional. ke depan dan merupakan bahagian yang tidak terpisahkan dari kegiatan HPN 2018 nantinya,” jelas Jasman.

Lebih lanjut dijelaskan, peserta seminar nasional ini adalah Kepala Biro Humas se Indonesia, ketua PWI se Indonesia, kepala Dinas/ Kepala bagian yang membidangi kehumasan di Kab/ Kota se Sumbar, kepala OPD Provinsi Sumbar, panitia penyelenggara HPN 2018 di Provinsi Sumbar lainnya

Narasumber berasal dari Kementrian Dalam Negeri RI (Kapuspen Kemendagri) dan Kementrian Komunikasi dan Informatika RI, Ketua Pwi Pusat dan Ketua PWI Provinsi Sumbar.

Sementara itu dalam sambutannya Bupati Solok, H. Gusmal, SE  mengatakan, pemerintah Kabupaten Solok sangat mengapresiasi sekali kegiatan Seminar Nasional Ini Dalam Rangka Pra Hari Pers Nasional 2018.

“Kami mengucapkan selamat datang di kab Solok nan indah ini kepada seluruh undanga. Kab. Solok mempunyai banyak sekali potensi wisata, diantaranya di lokasi acara kita pada hari ini, kawasan Danau Kembar. Tidak hanya danau, kita juga punya satu kawasan yang namanya Bukit Cambai, dimana dari puncak bukit tersebut kita bisa melihat 4 danau sekaligus,” terang Gusmal.

Pada akhir sambutannya bupati mengatakan, semoga kegiatan ini dapat berjalan dengan lancar dan memberikan kemajuan dalam dunia pers Indonesia.

Sebagaimana Bupati Solok, Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno dalam sambutannya juga ikut mepromosikan potensi wisata Kab. Solok, selain mengucapkan selamat datang kepada semua peserta Seminar Nasional dalam rangka Pra Peringatan Hari Pers Nasional 2018,

“Kita di Sumbar memiliki sangat banyak lokasi wisata, termasuk di Kab Solok. Seperti sekarang ini, kita berada di Danau Kembar tempat dilaksanakannya kegiatan Seminar Nasional ini.  Ini baru sebagian kecil potensi pariwisata Sumatera Barat,” kata Irwan Prayitno.

Lebih lanjut dikatakan gubernur, kegiatan seminar ini adalah rangkaian dari acara Hari Pers Nasional tahun 2018.  Dengan adanya acara ini memberi banyak dampak positif khususnya bagi Sumbar.

Diharapkan dengan adanya HPN di Sumbar ini dapat pula sebagai ajang promosi pariwisata Sumbar hendaknya. Kegiatan ini juga menjadi sebuah ajang silaturahmi bagi kita semua selain itu juga untuk mensosialisasikan kegiatan HPN ini..

“Tujuan seminar adalah ajang diskusi bagaimana agar kegiatan HPN ini dapat berjalan dengan lancer, Kita juga membutuhkan masukan bagi kita di Sumbar bagaimana kegiatan HPN ini dapat berjalan dengan lancar,” ujar Irwan Prayitno. ** Febrian D’Gumanti/Oktaberia/Hms