MENGAPA HARUS MENJADI KONSUMEN CERDAS ??

Artikel BUDI SETIAWAN, ST, M.Si(Dinas Perindustrian dan Perdagangan) 13 September 2013 02:01:40 WIB


MENGAPA HARUS MENJADI KONSUMEN CERDAS ??

 

Marakya peredaran barang dan/atau jasa dipasar membuat orang terkecoh untuk memilih sesuatu apa yang dlihat atau diinginkan bukan yang dibutuhkan. Untuk menghindari diri dari akses negatif penggunaan suatu barang hendaknya konsumen cermat dalam memilih barang /jasa yang akan dikonsumsinya.

Melalui informasi ini, diharapkan dapat ditingkatkan pemahaman konsumen tentang hak dan kewajibannya. Tersosialisasinya kiat konsumen cerdas dan pesan konsumen cerdas sebagai tanggung jawab sosial konsumen, dapat mendorong tumbuh kembangnya komunitas konsumen cerdas dan menjadi motivator konsumen dilingkungannya sehingga diharapkan dapat terbebas dari ekses negatif mengkonsumsi barang/jasa yang tidak sesuai dengan Kesehatan, keamanan, keselamatan dan Lingkungan Hidup ( k3L)

 

 

SIAPAKAH KONSUMEN ITU ?

 

“ Konsumen adalah setiap orang pemakai barang dan/atau jasa yang tersedia dalam masyarakat, baik bagi kepentingan diri sendiri, keluarga, orang lain, maupun makhluk hidup lain dan tidak untuk di perdagangkan.

Konsumen Cerdas adalah konsumen yang kritis dan berani memperjuangkan haknya apabila barang/jasa yang dibelinya tidak sesuai dengan standar yang dipersyaratkan dan tidak sesuai dengan yang diperjanjikan, tetapi konsumen juga harus mengerti akan kewajibannya