Kiat Menjadi KONSUMEN CERDAS
Artikel BUDI SETIAWAN, ST, M.Si(Dinas Perindustrian dan Perdagangan) 16 September 2013 04:47:08 WIB
Kiat Menjadi
KONSUMEN CERDAS
Tegakan Hak dan Kewajiban Anda selaku Kosumen
Konsumen dihimbau untuk menjadi kritis dan berani memperjuangkan haknya apabila barang/jasa yang dibelinya tidak sesuai dengan standar yang dipersyaratkan dan tidak sesuai dengan yang diperjanjikan, tetapi konsumen juga harus mengerti akan kewajiban nya.
Teliti sebelum membeli
Konsumen diajak harus terbiasa untuk teliti atas barang dan /atau jasa yang ditawarkan/tersedia di pasar.
Perhatikan label, MKG dan masa Kadarluasa
Kosumen harus lebih kritis terhadap kondisi barang/atau jasa yang menyangkut ketentuan label, petunjuk penggunaan ( manual ) dan kartu jaminan garansi purna jual dalam bahasa Indonesia dan masa kadaluarsa barang.
Pastikan Produk Sesuai dengan Standar Mutu K3L
Pada umumnya konsumen belum akrab dengan produk berstandar SNI, seruan ini mengajak konsumen, untuk memperhatikan produk yang sudah wajib bertandaa SNI. Produk bertanda SNI ini lebih memberikan jaminan kepastian kesehatan, keamanan dan keselamatan konsumen , bahkan lingkungannya ( K3L ).
Beli sesuai Kebutuhan Bukan Keinginan
Konsumen diajak agar terbiasa mempunyai perilku tidak konsumtif, artinya bukan barang dan/atau jasa yang menguasai atau mempengaruhi konsumen tapi konsumenlah yang menguasai keinginnya untuk membeli barang dan/atau jasa.