Minangkabau Fashion Festival (MFF)

Minangkabau Fashion Festival (MFF)

Berita Utama WISNITA(Dishub) 13 Oktober 2017 10:59:03 WIB


 

Ketua panitia Minangkabau Fashion Festival (MFF) Nevi Prayitno serta Ketua Dekranasda Provinsi, serta Gubernur Sumatera Barat, membuka MFF yang mengangkat  tema "Budaya Minang Warisan Dunia",  hal ini sejalan dengan kekayaan dan keunikan ragam hias, songket,  batik minang,  dan tenun yang dimiliki Sumatera Barat untuk terus dikenal dan menjadi warisan dari keberagaman warisan budaya dunia. 

Minangkabau Fashion Festival (MFF) yang bekerja sama dengan Indonesia Modest Fashion Week yang diadakan di Jakarta Convention Center, Kamis (12/10).

Ini merupakan  event akbar yang digelar sebagai ajang apresiasi kepada desainer-desainer muda Sumatera Barat agar dapat mengenalkan hasil karyanya ke pasar Nasional dan Internasional, Pemerintah selalu mendorong kreatifitas desainer untuk mengembangkan karyanya dengan memberikan ruang dalam menampilkan kreatifitas tersebut pada kegiatan-kegiatan tahunan pemerintah demi melestarikan kekayaan ethnic fashion Provinsi Sumatera Barat.

Disamping mendorong desainer berbakat Sumatera Barat untuk berkreatifitas dan melestarikan keberadaan para pengrajin kain itu sendiri agar terciptanya keseimbangan  antara desainer dan pengrajin. Kita berharap para pengrajin meningkatkan ke profesionalitasan dalam meningkatkan mutu karya dari hasil kerajinannya.

Minang Kabau Fashion Festival menjadi harapan untuk kemajuan dan meningkatkan gairah ekonomi kreatif Sumatera Barat kedepannya sehingga bersinergi dengan peningkatan pendapatan masyarakat melalui usaha rumahan, usaha kecil menengah dan usaha masyarakat dalam skala besar .

Kita mulai dari meningkatkan kaya desainer itu sendiri dengan memiliki ciri khas sebagai pembeda yang menarik konsumen luar untuk berkunjung ke Sumatera Barat. Oleh sebab itu perlunya langkah promosi dan pergelaran fashion show melalui ide kegiatan yang kreatif dan inovatif untuk mendorong produktifitas designer Sumatera Barat menjadi lebih bermutu memiliki integritas dan identitas budaya.

Bentuk acara 4 kategori terdiri dari : Lomba Desain Motif Batik Minang,  Lomba Modifikasi Baju Kurung,  Minang Fashion  Designer Competition dan Lomba Kreasi Busana Pengantin Tradisional Minangkabau. 

Minangkabau Fashion Festival dalam artian kita sedang mengangkat suatu industri fashion di Sumbar dengan nuansa kekayaan Sumatera Barat yaitu minangkabau. 

Dengan didasari oleh keindahan dan kekhasan budaya serta keunikan ragam hias songket dan tenun yang dimiliki, patut dilestarikan dan dikembangkan. Kegiatan ini bertujuan untuk memperkenalkan aneka ragam budaya produk fashion berbasis warisan budaya.