Audiensi Diskominfo Sumbar Dengan Bappenas

Audiensi Diskominfo Sumbar Dengan Bappenas

Berita Utama EKO KURNIAWAN, S.Kom(Diskominfo) 22 September 2017 14:33:18 WIB


Padang, 22 September 2017

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Sumatera Barat, Ir. Yeflin Luandri, M.Si didampingi Sekretaris Dinas, Oni Fajar Syahdi dan jajaran melakukan audiensi dengan Direktur Politik dan Komunikasi Bappenas, Wariki Sutikno di Kantor DInas Kominfo Prov. Sumbar, Jl. Pramuka No. 12 a Belanti, Padang.

Dalam sambutannya, Yeflin Luandri pertama sekali mengucapkan selamat datang ke 'rang sumando', Wariki Sutikno di Kantor Kominfo Prov. Sumbar.

Selanjutnya, Kadis Yeflin Luandri memaparkan tupoksi kerja Dinas Kominfo Sumbar dimulai dari Struktur Organisasi Diskominfo Sumbar yang baru berdiri di Bulan Januari 2017. Kemudian disampaikan urusan wajib yang menjadi tanggung jawab Dinas Kominfo Sumbar yaitu Komunikasi dan Informatika, Persandian dan Statistik.

Hal berikutnya yang dijelaskan oleh Kadis Yeflin Luandri, sebagai implementasi dari Inpres No.9 tahun 2015 tentang Pengelolaan Komunikasi Publik yang saat ini dikerjakan oleh Diskominfo Sumbar adalah saluran informasi yang meliputi :

  1. Website Sumbarprov.go.id
  2. Portal On Smart
  3. Portal E-Gov
  4. Website PPID Sumatera Barat
  5. Media Sosial yang meliput kegiatan Diskominfo Sumbar

Sedangkan untuk kesiapan pendukung/sarana prasarana dalam menunjang saluran informasi tadi, Diskominfo Sumbar saat ini telah memiliki 2 buah server dengan kapasitas 150 mb, konektifitas wifi plus cyber optik (FO) ke 46 OPD di lingkup Pemprov. Sumbar, Operator Website dari 46 OPD yang akan mengisi berita OPD masing-masing di website sumbarprov.go.id serta Tenaga IT yang mendukung kinerja saluran informasi tersebut. 

Diakhir paparannya, Kadis Yeflin Luandri mengungkapkan bahwa saat ini masih terdapat masalah-masalah sehingga kinerja Diskominfo Sumbar belum optimal, seperti server yang seharusnya ditambah dan masih kurangnya pelatihan TIK.

Setelah mendengar penjelasan dari Kadis Kominfo, Direktur Politik dan Komunikasi Bappenas, Wariki Sutikno mengatakan bahwa hasil survey dari Dinas Kominfo Prov. Sumbar ini akan dibawa ke rapat Bappenas nantinya, dan akan diusulkan, untuk dihidupkannya kembali bantuan dana dari pusat (APBN) seperti Dana Alokasi Khusus (DAU) ke daerah.

Karena potensi Sumatera Barat, khususnya pariwisata, yang sangat luar biasa, Wariki Sutikno juga mengusulkan melalui Diskominfo Sumbar untuk menciptakan suatu brand image yang bisa menjadi promosi bagi pariwisata Sumatera Barat.