Gubernur Irwan Prayitno Buka Jambore PNPM-MP Se Sumbar

Berita Utama () 27 Agustus 2013 14:34:29 WIB


Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno, membuka secara resmi Jambore Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Pedesaan (PNPM-MP) tingkat Provinsi Sumatera Barat ke V, di Loebas Wisata Kecamatan Lubuk Basung, Kabupaten Agam, Senin (26/8). 

Pembukaan jambore ini juga di hadiri perwakilan Dirjen Pemberdayaan Masyarakat Desa Kementrian Dalam Negeri Republik Indonesia, Kepala BPN Provinsi Sumbar, bupati dan wakil bupati di Sumbar, peserta jambore PNPM se-Sumbar, kepala SKPD se-Kabupaten Agam.


Dalam kesempatan itu, Irwan Prayitno menyampaikan, kegiatan PNPM ini merupakan suatu kegiatan handalan bagi pemerintah untuk mensejahterakan masyarakat, karena PNPM memberikan suatu dampak postif untuk membuka lapang pekerjaan bagi masyarakat untuk mengurangi kemiskinan dan penganngguran.

"Mudah-mudahan kegiatan ini bisa di adakan setiap tahunnya, kami minta pada Kepala Daerah, agar kegiatan ini digelar secara nasional dan kemudian bisa berdampak positif kepada kita semua," imbuh gubernur.

Menurutnya, anggaran untuk PNPM Sumatera Barat tidak berkurang, bahkan bertambah walaupun tidak banyak, dengan suksesnya PNPM ini, maka sebaiknya di daerah agar metode PNPM dijadikan untuk memberdayakan masyarakat lebih sejahtera dan mengetasi terjadinya kemiskinan dan pengangguran.


Bupati Agam Indra Catri menyampaikan, kegiatan ini menjadi kebanggan dan sekaligus jadi pemicu bagi Kabupaten Agam untuk menyelengarakan PNPM  lebih baik lagi di masa-masa yang akan datang.

"Mudah-mudahan selama disini para peserta jambore bisa melaksanakan kegiatan dengan baik, dan tentunya kami sebagai tuan rumah juga melayani dengan baik," tambah bupati
 

Kata bupati, jadikanlah jambore ini sebagai ajang saling tukar informasi saling berbagi, dan saling menyempurnakan, sehingga cita-cita dalam melaksanakan PNPM kedepannya bisa jadi lebih baik dan bermanfaat tentunya bisa lebih terwujud.(Tam/Andrew/AMC)