Dinas Kehutanan Mengadakan Pelatihan Pengembangan HHBK

Dinas Kehutanan Mengadakan Pelatihan Pengembangan HHBK

Kehutanan () 28 April 2017 12:21:19 WIB


Padang, Dinas Kehutanan Provinsi Sumatera Barat mengadakan Pelatihan Pengembangan HHBK selama 2 hari mulai 5-6 april 2017, kegiatan ini merupakan salah satu bentuk upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat disekitar kawasan hutan serta perubahan paradigma cara pandang hutan oleh masyarakat. Hutan tidak hanya identik dengan pohon dan kayu-kayuan. HHBK memiliki nilai ekonomi yang tinggi dan potensial untuk meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat, namun belum dikelola denga optimal sehingga belum mampu memberikan kontribusi secara maksimal.

Menurut Peraturan Menteri Kehutanan (Permenhut) Nomor P.35/Menhut-II/ 2007 Hasil Hutan Bukan Kayu (HHBK) merupakan hasil hutan hayati baik nabati maupun hewani beserta produk turunan dan budidaya kecuali kayu yang berasal dari hutan.

Pelatihan ini ditujukan kepada masyarakat sekitar hutan khususnya kelompok perhutanan sosial baik itu Hutan Nagari, Hutan Kemasyarakatan dan Hutan Tanaman Rakyat dalam peningkatan pengetahuan, pengembangan wawasan dan keterampilan masyarakat dalam pengembangan, pemanfaatan dan pengelolaan HHBK.