KEPALA DINAS KELAUTAN DAN PERIKANAN PROV.SUMBAR MELAKUKAN KUNJUNGAN KERJA KE UPTD PPP SIKAKAP

KEPALA DINAS KELAUTAN DAN PERIKANAN PROV.SUMBAR MELAKUKAN KUNJUNGAN KERJA KE UPTD PPP SIKAKAP

Berita Utama NONONG HANUGRAH, A.Md(Dinas Kelautan dan Perikanan) 05 April 2017 12:44:41 WIB


Dalam rangka melanjutkan pembangunan infrastruktur di Pelabuhan Perikanan Pantai Sikakap Kabupaten Kepulauan Mentawai Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Sumatera Barat Ir. Yosmeri Melakukan Kunjungan Kerja (Kunker) di UPTD PPP Sikakap (minggu, 2 April 2017). Kehadiran Kadis DKP Prov Sumbar Tersebut memastikan kesiapan pembangunan tahun anggaran 2017 di lokasi pelabuhan serta memastikan infrasruktur yang telah dibangun tahun 2016 siap di fungsikan.

Kedatangan saya kali ini untuk melihat kesiapan lokasi yang menjadi target pembangunan di Pelabuhan Perikanan Pantai Sikakap dan mendorong pengelola pelabuhan untuk memastikan infrastruktur yang telah dibangun pada tahun 2016 bisa di fungsikan”, tutur Ir. Yosmeri kepada pengelola teknis di pelabuhan.

Tahun anggaran 2016 UPTD PPP Sikakap telah  membangun sarana infrastruktur yang disiapkan untuk nelayan diantarnya rumah nelayan sebanyak 8 unit, pasar ikan higienis sebanyak 60 lapak, MCK Umum, portal dan pos jaga sedangkan tahun tahun 2017 UPTD PPP Sikakap menginginkan penyempurnaan infrastrutur yang ada diantranya akan dibangun jalan pasar ikan, pengadaan sumur bor permukaan serta penambahan rumah nelayan sebanyak 7 unit.

Selain itu, Yosmeri menghimbau agar sumber listrik rumah nelayan dan air bersih segera di laksanakan kegiatannya di tahun 2017 sehingga rumah nelayan dan pasar ikan bisa di fungsikan segera. Rumah nelayan perlu dilakukan verifikasi bagi calon penghuni, untuk itu agar pejabat yang terkait di UPTD PPP Sikakap untuk segera melakukan proses seleksi calon penghuni rumah nelayan dengan azaz berkeadilan, ucap beliau pada saat memberikan arahan kepada pegawai di UPTD PPP Sikakap

rumah nelayan dan pasar ikan ini kan butuh penerangan listrik dan air bersih, anggarannya sudah ada di UPTD PPP Sikakap. Agar bisa segera dilaksanakan kegiatannya sehingga bisa langsung kita fungsikan untuk nelayan

dalam kunjungannya, Kadis DKP Prov Sumbar  di UPTD PPP Sikakap juga di hadiri oleh Anggota DPRD Prov Sumatera Barat Dapil Mentawai Bapak Sudarmi Saogo yang pada saat yang sama sedang ada kunjungan kerja di mentawai. Pada kesempatan ini kadis menginformasikan perencanaan pengembangan Pelabuhan Perikanan Pantai Sikakap tahun 2017. Selain didukung oleh anggaran APBD Prov.Sumbar juga di dukung oleh anggaran APBN melalui Program Sentra Kelautan dan Perikanan Terpadu (PSKPT).

UPTD PPP Sikakap ini akan di kembangkan menjadi Sentra Kelautan dan Perikanan Terpadu oleh pemerintah pusat melalui Kementrian Kelautan dan Perikanan”, tegas Yosmeri kepada Anggota dewan tersebut.

Kemudian usai meninjau lokasi di area pelabuhan, kadis DKP Prov.Sumbar dan Aleg DPRD Prov.Sumbar melakukan pertemuan dengan nelayan yang berasal dari desa sinaka. Pertemuan ini membahas perencanaan program pembangunan SKPT