Gubernur Sumatera Barat menghadiri Peresmian Stasiun Pembibitan Ternak Air Rundiang UPTD BPPMT Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Prov. Sumatera Barat

Berita Utama EKO KURNIAWAN, S.Kom(Diskominfo) 06 Maret 2017 11:24:19 WIB


Simpang Empat (4/3), Menteri Pertanian Republik Indonesia yang diwakili Dirjen Peternakan dan Kesehatan Hewan meresmikan Stasiun Pembibitan Ternak (SPT) Air Rundiang UPTD BPPMT Dinas Peternakan Dan Kesehatan Hewan Provinsi Sumatera Barat.

Dalam peresmian SPT tersebut, Dirjen Peternakan dan Kesehatan Hewan didampingi oleh Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno, Bupati dan Walil Bupati Pasaman Barat, Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Prov. Sumatera Barat. Turut hadir Kepala OPD dilingkungan Pemprov. Sumbar, Direktur BI, BNI dan Formkopinda Kabupaten Pasaman Barat.

Dalam rangkaian kegiatan tersebut juga dilakukan Penandatanganan Kerjasama Pemberdayaan BUMD Dengan Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Prov. Sumatera Barat serta Peresmian Koperasi Serba Usaha Karya Muda Mitra Jaya binaan Bank Indonesia dengan Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Prov. Sumatera Barat. Dalam laporannya Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan drh. Erinaldi, MM menyampaikan bahwa pembangunan SPT Air Rundiang dan seluruh kelengkapan peralatannya serta ternak sapi yang ada saat ini sudah mencapai 35 Milyar yang terdiri dari Dana Dekon TP dan DAK dan APBD Provinsi Sumatera Barat.

Pembangunan SPT ini dilakukan dari tahun 2015 s/d 2016. Dalam laporannya drh. Erinaldi, MM juga menyampaikan bahwa Sumatera Barat merupakan satu-satunya Provinsi di Indonesia yang memiliki SPT seperti ini. Gubernur Sumatera Barat mengapresiasi terobosan-terobosan yang telah dilakukan oleh Kadis Peternakan dan Kesehatan Hewan, dan beliau juga menekankan perlu pengembangan dari SPT ini agar betul-betul menjadi salah satu sentra penghasil daging di Indonesia dan bisa memenuhi kebutuhan daging untuk Sumatera Barat.