Ayo Jadi KONsumen CERdas !

Artikel BUDI SETIAWAN, ST, M.Si(Dinas Perindustrian dan Perdagangan) 26 Juli 2013 07:24:21 WIB


Ayo Jadi KONsumen CERdas !

Teliti sebelum Membeli

Konsumen diajak agar selalu mempunyai kebiasaan untuk teliti atas barang dan atau jasa yang ditawarkan/tersedia dipasar. Minimal secara kasad mata dapat digunakan untuk mengetahui keadaan yang sebenarnya dari barang dan/jasa tersebut, dan bila kurang jelas/paham dapat menyampaikan untuk bertanya atau untuk memperoleh informasi atas barang dan/atau jasa tersebut. Berdasarkan hal ini, konsumen telah memperoleh gambaran umum atas barang dan/atau jasa yang ditawarkan dipasar.

Perhatikan label dan masa kadaluarsa

-        Konsumen harus lebih kritis lagi untuk mengetahui kondisisi barang dan/atau jasa, khususnya atas barang makanan, minuman, obat dan kosmetik, yang dalam keadaan terbungkus yang dikemas dan diberi label.

-         Dalam label dicantumkan antara lain : komposisi, manfaat aturan pakai, dan masa berlaku.

-      Konsumen diajak agar lebih berhati-hati terhadap barang yang masuk kedalam tubuh atau yang digunakan diluar/atas tubuh. Karena barang tersebut sangat erat hubungannya dengan aspek kesehatan, keamanan dan keselamatan konsumen.

 

Pastikan produk bertanda jaminan mutu SNI

  •                     Pada umumnya konsumenn belum akrab dengan produk-produk bertanda SNI
  •                          Melalui ajakan/seruan ini konsumen sudah saatnya memperhatikan produk yang sudah wajib SNI

Dari sisi konsumen produk bertanda SNI lebih memberikan jaminan kepastian atas kesehatan, keamanan, dan keselamatan konsumen, bahkan lingkungannya. ( contoh : tabung yang bertanda SNI ).

Beli sesuai kebutuhan bukan keinginan

Konsumen diajak agar terbiasa mempunyai perilaku tidak konsumtif, artinya bukan barang dan/atau jasa yang menguasai atau mempengaruhi konsumen tapi konsumenlah yang menguasai keinginannya untuk membeli barang dan/atau jasa