Dinas Kehutanan Provinsi Sumatera Barat Sediakan Bibit Untuk Masyarakat

Kehutanan () 15 Februari 2017 08:59:58 WIB


Dinas Kehutanan Provinsi Sumatera Barat melalui UPTD (Unit Pelayanan Teknis Daerah) Balai Perbenihan Tanaman Hutan pada tahun 2017 ini akan mendistribusikan / membagikan 150.000 batang bibit berkualitas yang terdiri dari bibit tanaman kehutanan dan tanaman MPTS (Multi Purpose Tress Species). MPTS merupakan tanamanan penghasil kayu-kayuan juga menghasilkan manfaat lain seperti buah dan damar. Bibit ini merupakan bibit yang dikembangkan oleh Dinas Kehutanan Sumatera Barat melalui Posko Persemaian UPTD Balai Perbenihan Tanaman Hutan.

Adapun jenis-jenis bibit yang tersedia pada posko persemaian UPTD Balai Perbenihan Tanaman Hutan saat ini yaitu Bibit Tanaman Kehutanan antara lain : Bibit Mahoni, Bibit, Surian, Bibit Bayur, Bibit Gaharu, Bibit Gmelina, Bibit Sengon, Bibit Ketapang/Kataping, Bibit Akasia, Jabon dan Cemara Laut. Selain dari bibit Kehutanan, juga tersedia bibit Tanaman MPTS antara lain : Alpukat, Manggis, Nangka, Sirsak, Matoa, Pinang, Durian, Petai dan Pala.

Untuk pendistribusian/ pembagian perdana pada tahun 2017 ini akan di lakukan pada bulan maret. Adapun bibit yang tersedia dan siap tanam pada pendistribusian bulan Maret ini, untuk tanamanan kehutanan ada jenis bibit Mahoni, Gaharu, Bayur, Jabon dan Sengon, Sedangkan untuk Tanaman MPTS tersedia jenis bibit Matoa, Sirsak, Pinang, dan Durian.

Setiap masyarakat baik berupa perorangan, kelompok, instansi, golongan atau ormas yang ingin atau berminat untuk menanam bibit tersebut pada lahannya masing-masing, dapat mengajukan permohonan secara pribadi atau kelompok kepada Dinas Kehutanan Provinsi Sumatera Barat dengan persyaratan dan ketentuan yang ada. Salah satu tujuan dari kegiatan ini adalah untuk pelestarian sumberdaya alam hayati dan plasma nutfah, Sehingga kelestarian dan keseimbangan lingkungan tetap terjaga serta untuk menimbulkan dan meningkatkan minat tanam serta rasa memiliki tanaman tersebut.