MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN PUBLIK

MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN PUBLIK

Artikel Badan Pendidikan dan Latihan(Badan Pendidikan dan Latihan) 28 Oktober 2016 10:31:13 WIB


Meningkatkan kualitas pelayanan publik oleh aparatur pemerintahan merupakan suatu keniscayaan yang tidak dapat dihindari dalam melaksanakan pemerintahan saat ini. Masyarakat dengan mudah menilai baik dan buruk suatu pelayanan dengan hanya membandingkan pelayanan yang didapatnya dengan referensi yang ada di dunia maya. Bagi yang tidak bersedia meningkatkan kualitas pelayanan, tentu akan ditinggalkan oleh para pelanggannya. Meningkatkan kualitas pelayanan tidak hanya melulu menyentuh aspek tangible saja, namun lebih dalam lagi menyangkut struktur, aparatur dan sistemnya. Tanpa penyesuaian struktur, perbaikan kemampuan aparatur, dan berbaikan sistem, tentu peningkatan kualitas pelayanan tidak akan menghasilkan kepuasan yang maksimal kepada masyarakat.

Kata kunci: pelayanan publik, kualitas, struktur, aparatur, sistem

Download