Kemudahan Investasi, berantas Pungli

Kemudahan Investasi, berantas Pungli

Berita Utama Jojon(Biro Humas) 25 Oktober 2016 17:44:09 WIB


Jakarta,---Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno Kamis, 20 Oktober kemaren menghadiri Rakor Gubernur Seluruh Indonesia bersama Bapak Presiden, Joko Widodo. Rakoor membahas kemudahan investasi, pungli, mekanisme penyelesaian pertanahan, hingga highlight kekhasan pariwisata.

Disamping itu, Faktor kemudahan investasi dan daya dukung regulasi dari Pemerintah Daerah menjadi fokus bagi Sumatera Barat, karena sedang menggerakkan basis pembangunan sektor pariwisata, pangan, dan energi. Fokus kita adalah bagaimana proses rekomendasi investasi hingga perizinan bisa sesuai regulasi yang ada, tetapi ringkas dan cepat dalam prosesnya, ucap Irwan.

Sementara untuk penyelesaian pertanahan bagi daya dukung pembangunan,karena di Sumatera Barat banyak sekali tanah ulayat, maka kita harus duduk bersama dengan wali nagari, ninik mamak, dan sebagainya agar menjadi solusi dan kesepakatan bersama.

Sedangkan untuk pemberantasan pungutan liar, Pemprov siap bekerja sama dengan Polda Sumbar dalam memberantas hal yang meresahkan masyarakat dan menghambat pertumbuhan ekonomi dan investasi.

Untuk jajaran ASN Pemprov Sumbar, hal ini sudah diberlakukan, dengan sanksi hingga pemecatan. Untuk tingkat Kota/Kabupaten, Gubernur minta dukungan dan komitmen dari Bupati dan Walikota se-Sumatera Barat, ajak Irwan Prayitno.

Untuk sektor pariwisata, Sumatera Barat yang baru saja ditetapkan sebagai Destinasi Wisata Halal dan Destinasi Kuliner Terbaik Indonesia, akan fokus nempromosikan kekhasan ini hingga mancanegara.

" Intensitas penerbangan dari dan ke Kota Padang, via Bandara Internasional Minangkabau pun sudah kita upayakan ke Kementerian Perhubungan, untuk ditingkatkan, baik penerbangan domestik maupun luar negeri," ucap Gubernur.