Arsip Nasional RI menyelenggarakan Bimbingan Teknis Pengelolaan Arsip Aset Provinsi/Kabupaten/Kota se-Sumatera Barat

Arsip Nasional RI menyelenggarakan Bimbingan Teknis Pengelolaan Arsip Aset  Provinsi/Kabupaten/Kota se-Sumatera Barat

Berita Utama ROMI ZULFI YANDRA, S.Kom(Dinas Kearsipan dan Perpustakaan) 26 Agustus 2016 09:19:57 WIB


Arsip Nasional Republik Indonesia bekerjasama dengan Badan Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sumatera Barat menyelenggarakan Bimtek Pengelolaan Arsip Aset pada tanggal 24 s.d 25 Agustus 2016 di Hotel Axana Padang.

Ketua Panitia Penyelenggara, Majuni Susi, S.Sos Kepala Subdirektorat Daerah II A menyampaikan tujuan diselenggarakannya Bimtek. “Tujuan diselenggarakannya acara tersebut adalah agar pemahaman akan pentingnya dokumen/arsip aset tersebut membawa kita pada kesadaran untuk mengelola arsip aset dengan baik, dan penuh tanggung jawab sehingga pengelolaan arsip aset menjadi akuntabel dan dapat dijadikan tolok ukur dalam pemberian opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK)” ujarnya.

Acara bimtek dibuka oleh Sekretaris Badan, Ir. Sunyati, M.Si dalam sambutannya menyampaikan pentingnya arsip namun susah untuk ditemuikan.  “Arsip haruslah menjadi perhatian bukan lagi dipandang sebelah mata karena arsip menjadi bahan bukti dan pertanggungjawab kegiatan pemerintahan. Sebagian orang mengatakan bahwa arsip itu penting namun tidak menjadi perhatian dalam pengelolaannya, dengan demikian dengan adanya bintek ini dapat sekiranya para peserta dapat melaksanakan pengelolaan arsip aset ini dengan baik dan benar.”

Kegiatan Bimtek ini dilaksanakan dengan cara pemberian materi dan simulasi yang dihadiri sebanyak 40 orang terdiri dari perwakilan 1 orang dari lembaga kearsipan daerah dan 1 orang perwakilan bagian aset  Provinsi/Kabupaten/Kota se Sumatera Barat.