FASILITATOR PENANGGULANGAN BENCANA SUMATERA BARAT DILATIH

FASILITATOR PENANGGULANGAN BENCANA SUMATERA BARAT DILATIH

Badan Penanggulangan Bencana Daerah HERA ARMAN, ST(Badan Penanggulangan Bencana Daerah) 23 Agustus 2016 14:05:16 WIB


Bukittinggi (23/8) - BPBD Provinsi Sumatera Barat bekerjasama dengan Mercy Corps Indonesia melalui Program TATTs yang didanai oleh USAID melaksanakan Pelatihan Penanggulangan Bencana Inklusif dan Teknik Fasilitasi dari 21 s/d 28 Agustus 2016 bagi fasilitator yang tergabung ke dalam Pool of Facilitator BPBD Provinsi Sumatera Barat. Pelatihan ini diikuti oleh 26 orang peserta dan telah dibuka oleh Kepala Pelaksana BPBD Provinsi Sumatera Barat, Bapak Zulfiatno S.T., M.Sc tadi malam, 21 Agustus 2016 di Hotel Grand Rocky Bukittinggi.

Dalam sambutannya, Kalaksa BPBD Provinsi menyampaikan bahwa kebutuhan pelayanan dari BPBD Provinsi sangat tinggi sedangkan sumber daya manusia yang ada sangat terbatas. “rata-rata dalam satu hari ada lebih kurang 10 undangan yang masuk ke BPBD Provinsi, namun kita hanya memiliki lebih kurang 50 orang staff”, jelas Pak Zulfiatno. “Harapan kita adalah Bapak dan Ibu yang dilatih satu minggu ke depan dapat membantu BPBD Provinsi dalam meningkatkan pelayanan terkait Penanggulangan Bencana di Sumatera Barat ke Kabupaten dan Kota yang ada di Sumbar” lanjutnya.

Pembentukan Pool of Facilitators BPBD Provinsi Sumatera Barat diinisiasi oleh BPBD sendiri dan didorong oleh Program TATTs MCI. PoF ini merupakan sebuah wadah, tempat atau perkumpulan fasilitator-fasilitator Penanggulangan Bencana berasal dari BPBD dan non BPBD yang berkomitmen untuk membantu BPBD Provinsi supaya dapat memberikan pelayanan yang lebih baik ke Kabupaten Kota yang ada. PoF ini dapat dijadikan tempat memfasilitasi proses belajar dan transfer ilmu tentang PB secara menyeluruh dan inklusif. Program TATTs kemudian secara bersama-sama dengan BPBD Provinsi akan memberikan dukungan dalam bentuk peningkatan kapasitas kepada fasilitator yang tergabung dalam PoF.

Mely Darni, Team Leader Program TATTs Mercy Corps Indonesia, menyampaikan bahwa fasilitator yang dilatih selama beberapa hari ke depan kemudian diharapkan dapat membantu BPBD Provinsi dalam memberikan pelayanan terkait dengan Penanggulangan Bencana dan dapat berbagi ilmu yang telah didapatkan ke fasilitator dan instansi lainnya yang ada di tingkat Provinsi, Kabupaten dan Kota yang membutuhkan. (MD)