PEMBANGUNAN RUMAH NELAYAN DAN PASAR IKAN SIKAKAP

PEMBANGUNAN RUMAH NELAYAN DAN PASAR IKAN SIKAKAP

Berita Utama NONONG HANUGRAH, A.Md(Dinas Kelautan dan Perikanan) 15 Agustus 2016 09:38:40 WIB


Upaya percepatan realisasi pembangunan rumah nelayan dan pasar ikan kegiatan Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Sumatera Barat yang bertempat di UPTD PPP Sikakap Kecamatan Sikakap Kabupaten Kepulauan Mentawai sudah mulai dilaksanakan oleh pihak kontraktor. Dalam pembangunan ini perlu dikawal secara maksimal agar pekerjaan sesuai dengan dokumen perencanaan baik itu spek teknis maupun gambar.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Sumatera Barat Ir. Yosmeri pada hari Rabu tanggal 10 Agustus 2016 langsung meninjau kelapangan untuk melihat perkembangan pekerjaan tersebut, dan disaat dilapangan beliau sangat memberikan perhatian yang cukup besar terhadap jalannya kegiatan pembangunan rumah nelayan dan pasar ikan Sikakap tersebut, hal ini terlihat secara intensif memerintahkan petugas dilapangan untuk secara kontinu dilakukan pengawasan. Dan sebelumnya beliau juga telah memerintahkan KPA (Kuasa Pengguna Anggaran) pelabuhan untuk meninjau langsung pekerjaan ini.

Dalam melakukan peninjauan lapang, Kadis DKP Provinsi Sumatera Barat bertemu dengan Direktur Kontraktor, Konsultas Pengawas dan didampingi Staf UPTD PPP Sikakap. Dalam pengawasannya beliau memberikan arahan agar spek teknis sesuai dengan dokumen perencanaan dan waktu penyelesaian sesuai waktu yang telah di rencanakan, “dalam menyelesaikan pembangunan ini kita harus bekerja bersama baik pihak kontraktor, pengawas maupun dari pihak DKP agar pembangunan bisa berjalan dengan lancar, kemudian tolong perhatikan spek teknis pada dokumen perencanaan karena Mentawai ini berbeda dengan daerah lain, Mentawai merupakan daerah gempa sehingga spek teknis perlu diperhatikan” himbau, Yosmeri pada saat tinjau pekerjaan dilapangan. Selain itu beliau memperingatkan agar kinerja kontraktor ketika dalam menyelesaikan pembangunan ini terus ditingkatkan dengan memperhatikan waktu pekerjaan serta kesiapan material, “kontraktor jangan terlena dengan waktu kalau bisa kejar jika ada ketertinggalan kinerja kemudian material harus selalu siap karena material ini kan didatangkan dari padang”, ucap beliau di sela-sela diskusi dengan pihak kontraktor dan konsultan pengawas.

Selain melakukan peninjauan kegiatan pembangunan di sikakap, Kadis DKP Provinsi Sumatera Barat melakukan dialog dengan nelayan yang kapalnya sedang sandar di Pelabuhan Sikakap. Beliau berdiskusi terkait hasil tangkapan nelayan kemudian menghimbau agar nelayan memperhatikan kelestarian lingkungan serta memperhatikan dokumen-dokumen penangkapan. Kemudian Kadis melakukan peninjauan  pabrik es sikakap yang pada saat itu sedang bongkar es. Yosmeri memberikan apresiasi kepada UPTD PPP Sikakap yang telah memberikan pelayanan es balok kepada nelayan, baik nelayan lokal maupun nelayan yang singgah ke sikakap. Beliau menghimbau agar pelayanan terus ditingkatkan dan mesin pabrik es di tingkatkan perawatannya sehingga selalu dalam kondisi prima. Selanjutnya beliau melakukan peninjauan budidaya ikan sidat di kolam salah seorang pembudidaya sikakap. Kadis merespon baik upaya budidaya sidat di sikakap serta mendukung sikakap menjadi prototype budidaya sidat di Sumatera Barat