EMPAT RUMAH DI SIALANG RUSAK DIHANTAM ANGIN KENCANG

EMPAT RUMAH DI SIALANG RUSAK DIHANTAM ANGIN KENCANG

Badan Penanggulangan Bencana Daerah HERA ARMAN, ST(Badan Penanggulangan Bencana Daerah) 01 Agustus 2016 21:02:37 WIB


LIMAPULUHKOTA – Hujan lebat dan disertai angin kencang terjadi senin (1/8) sekitar pukul 18.00 wib di wilayah kabupaten Limapuluh Kota dan Payakumbuh. Terpaan angin kencang menyebabkan pohon tumbang dan menimpa beberapa unit rumah milik warga di daerah jorong Lubuk Koto dan jorong Ronah Bengkek di nagari Sialang Kecamatan Kapur IX.

Keterangan yang dihimpun Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) Sumbar sore tadi, menurut Reynaldi - Satgas TRC BPBD Limapuluh Kota melaporkan sebanyak 4 (empat) rumah masyarakat dengan 21 jiwa rata-rata tertimpa pohon tumbang akibat terpaan angin kencang yang melanda wilayah Limapuluh Kota. Keempat rumah tersebut masing-masing milik; 1). Hendri (35th) dengan anggota keluarga 3 org, 2). Yutir Dt.Besar (65th) dengan anggota keluarga 6 org, 3). Uniang(60th) dengan anggota keluarga 6 org, 4). Bakhtiar (46th) dengan anggota keluarga 6 org. "Dua alami rusak berat dan dua alami rusak ringan dengan total kerugian diperkirakan 200 juta, Satuan Tim Reaksi Cepat BPBD Limapuluh Kota dikerahkan guna melakukan pembersihan yang dibantu oleh ralawan kebencanaan lainnya", ujar Reynaldi.

Reynaldi menambahkan, setelah dilakukan pendataan pada malam ini, rencana pada besok (2/8) bapak Bupati akan meninjau ke lokasi keseluruhan dan memberikan bantuan kepada korban dampak dari angin kencang tersebut.

Hujan yang terjadi selama lebih dari 3 jam melanda hampir merata di wilayah Sumatera Barat, kota Padang misalnya juga mengalami banjir pada 11 titik dan merendam rumah warga daerah langganan banjir seperti di Maransi, Tabing Banda Gadang, Aie Pacah, Lapai. (gst)